Ilustrasi mahasiswa yang sedang belajar bersama - Foto.Int
Ilustrasi mahasiswa yang sedang belajar bersama - Foto.Int

PROFESI-UNM.COM – Kehidupan di bangku perkuliahan sangat berbeda dengan kehidupan di bangku sekolah. Di bangku perkuliahan, kamu lebih memiliki banyak waktu luang, kebebasan beraktivitas dan lebih bebas memilih apa yang terbaik bagi diri kamu.

Memanfaatkan waktu kuliah dengan baik harus kamu lakukan untuk mempersiapkan diri kamu untuk menghadapi dunia kerja yang lebih kompetitif.

Selain belajar, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan potensi kamu. Bukan hanya sibuk belajar terus-menerus di dalam kelas tanpa mengikuti kegiatan diluar kelas yang bisa menambah pengalaman kamu di berbagai bidang.

Dilansir dari rencanamu.id, berikut yang wajib kamu lakukan agar kamu jadi mahasiswa yang luar biasa dan dipenuhi hal positif. Simak, yuk !

  1. Ikut Organisasi Kampus

    Dengan mengikuti organisasi kampus, kamu bisa mendapatkan banyak hal yang bisa memberikan keuntungan bagi kamu, lho.

Ada banyak organisasi kampus yang bisa kamu pilih sesuai minat kamu seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), himpunan mahasiswa atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari berbagai bidang.

Dengan mengikuti organisasi, kamu akan belajar banyak hal diantaranya seperti public speaking, manajemen waktu, kerjasama, pengambilan keputusan, mengeluarkan pendapat. Selain itu, dengan organisasi kamu bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Organisasi juga sangat penting, lho, untuk bekal mencari kerja nantinya, jadi jangan sampai tidak ikutan organisasi kampus, ya.

  1. Ikut Program Pertukaran Pelajar
    Selain berorganisasi, mengikuti program pertukaran pelajar juga tidak kalah penting kamu lakukan. Program ini biasanya disediakan oleh pihak kampus. Namun, jika kampus mu tidak menyediakan program ini kamu juga bisa, lho, mencari program pertukaran pelajar diluar kampus.

Dengan mengikuti program ini ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan seperti bertemu dengan orang baru dari berbagai negara, belajar beradaptasi, dan tentunya dapat mengasah kemampuan bahasa asing mu juga.

  1. Ikut Program Magang
    Yang satu ini juga satu hal yang sangat dianjurkan, nih. Tidak hanya memperoleh pendapatan, magang pun bisa mengisi waktumu agar tidak terbuang sia-sia .

Kamu bisa belajar banyak hal dari magang. Dengan magang, kamu bisa belajar bekerja secara profesional, memahami pekerjaan di dunia kerja, mengasah soft skill maupun hard skill kamu yang berhubungan dengan dunia kerja.

Tidak hanya itu, dengan magang kamu bisa memperoleh jaringan pertemanan yang luas, mendapatkan pengalaman kerja, sehingga ketika kamu lulus kuliah lowongan pekerjaan pun terbuka luas untukmu.

  1. Perdalam Bahasa Asing
    Kegiatan ini juga merupakan hal yang penting kamu lakukan. Mempelajari bahasa asing dengan serius bisa menjadi ajang untuk mengasah kemampuanmu di bidang komunikasi. Selain itu, menguasai bahasa asing juga bisa membantumu untuk mengembangkan karier agar dapat bersaing sampai ke kancah internasional.
  2. Ikut Kompetisi
    Kalau kamu ingin menjadi mahasiswa yang luar biasa, kamu jangan ketinggalan untuk ikut lomba, ya. Kamu bisa mengikuti lomba sesuai dengan bakat yang kamu miliki.

Ada banyak jenis lomba yang bisa kamu ikuti baik didalam kampus maupun di luar kampus.

Dengan berkompetisi, kamu bisa mendapatkan banyak hal, lho. Kamu bisa belajar bagaimana menang dalam suatu perlombaan, cara berkarya, cara menerima kekalahan dan sebagainya. Nah, kalau kamu menang banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan, lho.

Nah, itu dia beberapa hal penting yang bisa kamu kembangkan selama kuliah. Sangat disayangkan ketika kamu sudah berkuliah tetapi kamu hanya sibuk di ruang kelas saja.

Padahal, ada banyak hal diluar kelas yang bisa meningkatkan ilmu pengetahuan kamu. Tentunya agar masa mudamu diisi dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi orang lain juga, kan?

Sebenarnya masih banyak hal positif yang bisa kamu coba, namun cara-cara diatas tidak ada salahnya kamu coba, kok. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan diatas akan memberikan kamu banyak manfaat seperti pengalaman, teman baru, ilmu baru dan sebagainya. Dengan memiliki pengalaman yang baik, akan menjadi bekal ketika kamu di dunia kerja nanti. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang/Editor: Muh. Ilham Raihan