Seseorang sedang menabung - Foto.Int
Seseorang sedang menabung - Foto.Int

PROFESI-UNM.COM – Kenapa sih mahasiswa perlu buat nabung? sedangkan masih belum punya banyak uang. Apalagi buat mahasiswa perantau, kiriman dari orangtua harus dihemat semaksimal mungkin. Karena bisa jadi saat tangga tua, ada kebutuhan yang mendadak, semisal fotokopi tugas, buku dan lain sebagainya.

Apalagi ada loh mahasiswa, yang jangankan untuk kepentingan diatas, untuk makanpun harus berbagi lauk dengan temannya.

Menabung sendiri, dipengaruhi dari salah satu faktor kebiasaan, jadi meskipun memiliki uang sedikit, ataupun banyak maka kebiasaan tersebut harus diterapkan.

Apalagi setelah lulus nanti, ga adaloh yang ngejamin kamu buat langsung dapat pekerjaan. Siapa tahu ketika tak kunjung dapat pekerjaan, kamu berpikir untuk membuka bisnis kecil-kecilan. Nah uang tabungan itu bisa kamu gunakan sebagai modal deh, ya walaupun jumlahnya tidak banyak, setidaknya uang tersebut mendukung keinginanmu untuk mandiri dan meminta kiriman dari orang tua.

Dilansir dari finansialku.com, berikut 5 tipsnya:

  1. Cobalah Kebiasaan 1%
    Membiasakan diri untuk meningkatkan jumlah tabungan menjadi lebih besar dari waktu ke waktu tanpa terasa. Dengan menambah sebesar 1% untuk setiap tabungan kamu disetiap bulannya, merupakan hal yang tidak akan terasa.
    Hal ini akan memberikan dampak peningkatan yang banyak.

Terlihat sepele, namun jika dilakukan untuk terus-menerus akan bisa menjadikan kebiasaan yang bagus.

  1. Analisis pengeluaran
    Untuk ingin memiliki tabungan dengan jumlah cukup banyak, salah satu caranya dengan memperhatikan besar kecil pengeluaran.

Kamu harus buat skala prioritas kebutuhan, dimulai dari yang mutlak, seperti makan dan minum hingga pengeluaran berupa jajan. Nantinya, skala ini bisa buat kamu jadiin dasar untuk menghitung seberapa banyak uang yang bisa kamu tabung dalam sebulan.

Adanya pengelompokan pengeluaran ini, akan membuat kamu semakin bisa mengontrol keuangan, sehingga kamu bisa nih memilih mana yang dikorbankan untuk dapat mempunyai tabungan dengan jumlah cukup.

  1. Prioritaskan kebutuhan dimasa depan
    Kebutuhan kamu bukan hanya tentang mana yang penting, dan mana yang ga penting. Ada hal-hal lain yang juga menjadi pertimbangan dalam mengatur keungan, yakni kebutuhan kamu akan beda berdasarkan waktunya.

Kamu harus persiapkan mana yang harus dipenuhi untuk saat ini juga, serta kepeluan dimasa akan datang. Semisal kebutuhan kamu saat ini sudah terpenuhi, kamu tuh jangan langsung terlena.

Hal ini dikarenakan kehidupan setelah lulus tidak bisa kamu tebak dengan mudah. Harapan untuk dapat pekerjaan dengan mulus dan gaji besar, tidak selalu dapat terwujudkan. Seseorang yang memiliki tabungan dengan jumlah besar bisa memanfaatkanya untuk modal usaha.

  1. Menabung secara otomatis
    Jika kamu sudah dapat kirim dari orang tua, maka kamu harus langsung potongan uang tersebut untuk dijadiin tabungan.

Hal ini bisa dibantu oleh pihak bank kamu menarik uang. Nah, secara otomatis pihak bank akan memotong dengan nominal sejumlah uang ataupun nominal persentase.

Jika biasaya kamu dapat kiriman dengan jumlah yang tetap, makan lebih baik jika menggunakan nominal rupiah. Sebaliknya, jika berbeda setiap bulannya, maka persentasi lebih memudahkan kamu.

Untuk persentase sendiri, kamu bisa memulai dengan persentase 5% atau 10%.

Tetapi kamu pun harus punya tabungan lain, misalnya di koperasi atau celengan. Cara ini akan membantumu memilah kebutuhan dan tabungan sehingga tidak hanya dari satu sumber. Suatu saat ketika dibutuhkan maka kamu bisa memakai tabungan dari salah satu sumbernya.

  1. Lakukan dengan Rutin dan Sabar
    Yapss. Tips ini adalah yang paling penting. Kamu jangan menyerah terhadap proses nabung ini, kamu harus ingat, ‘semua usaha tidak ada yang sia-sia dan hasil tidak pernah mengkhianati proses.

Jika tabungan dari kiriman orangtua masih kurang, maka kamu bisa berinisiatif untuk bekerja paruh waktu atau freelance.

Jenis pekerjaan yang bisa dilakukan mahasiswa dengan waktu fleksibel bisa kamu baca diberita sebelumnya dirubrik ‘Gaya hidup’

Yuk, habis baca artikel ini, kamu langsung nabung. Mumpung kamu masih muda dan memiliki kekuatan serta tenaga yang besar. (*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A