PROFESI-UNM.COM – Rahmat Fadhli yang merupakan alumnus Universitas Negeri Makassar (UNM) telah berhasil meraih gelar doktor pada Program Studi Administrasi Pendidikan dengan judul penelitian “Manajemen Layanan Pembelajaran Daring melalui Mediator Kinerja Guru untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa”, Senin (1/1).

Demisioner Lembaga Pers Mahasiswa Profesi UNM ini menyarankan kepada tenaga pendidik agar menggunakan metode pembelajaran daring dengan model RAFLI (Readiness, Availaibility, Facilitating, Leadership dan Innovativeness).

Pada kesempatan itu, Eks Rektor UNM  periode 2008-2012 dan 2012-2016, Arismunandar mengapresiasi pemilihan topik penelitian yang diambil oleh promovendus.

Menurutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi seluruh stakeholder pendidikan khususnya bagi Dinas Pendidikan untuk merumuskan kebijakan yang tepat dalam mengatasi pembelajaran daring yang membosankan dan monoton.

“Bukan tidak mungkin di masa mendatang, jika terjadi pandemi atau wabah seperti saat ini lagi maka penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi yang kredibel,” pungkas mantan Rektor Universitas Negeri Makassar dua periode ini. (*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan