tim PKM yang lolos PIMNAS 33 - Foto.Ist
tim PKM yang lolos PIMNAS 33 - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-33 tahun 2020 telah diselenggarakan di Balairung, Universitas Gadjah Mada secara daring yang diikuti peserta-peserta dari seluruh Indonesia, Rabu (30/12)

Yuna, Mahasiswi Jurusan Matematika, Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan tips kepada mahasiswa agar lolos pimnas.

Ia mengatakan ada beberapa hal yang mereka lakukan agar bisa lolos Pimnas 2020 juara 1 poster, yaitu harus memaksimalkan apapun kita kerjakan.

Untuk poster, mereka melakukan pencarian poster-poster juara 1, 2, dan 3 dari tahun sebelumnya, kemudian mereka menganalisis tim yang bisa jadi juara dan berkonsultasi dengan tim serta dosen pendamping mengenai kesimpulan dari hasil analisis letak kesalahannya, kemudian dihilangkan.

Lalu hal yang menariknya mereka tambahkan dan setelah itu, mereka konsultasi lagi ke orang-orang yang ahli dalam poster.

Jika ingin sukses dalam Pimnas, Dede Rizaldi juga mengatakan perbanyak membaca. Karena dalam membaca kita bisa menemukan hal-hal yang menarik dan hal baru yang tidak belum pernah dapatkan sebelumnya.

Kemudian, para peserta Pimnas harus melihat apa yang berkembang dan citranya sedang naik (trending) sekarang.

“Bagi teman-teman yang ingin berjuang di Pimas ke-34 tahun depan, saya sarankan kepada teman-teman perbanyak membaca, menemukan hal-hal baru, dan baca-baca judul mereka yang lolos pimnas ke-33 tahun ini dan cari hal uniknya,” ungkap mahasiswa FBS tersebut.

Dan yang terakhir, jika ingin membuat tim, harus memperhatikan judul. Jangan sampai ketika membuat judul tentang teknik atau sains tapi teman tim berasal dari jurusan pendidikan keguruan.

Jika timnya berasal dari judul yang searah dan sama mungkin akan lebih baik kerja samanya dan pembuatan proposal kinerja. (*)

*Reporter: Fitria Indah Saraswati