Ketua Umum BPD Himpi Sulsel periode 2020-2023
Ketua Umum BPD Himpi Sulsel, Andi Rahmat Manggabarani periode 2020-2023

PROFESI-UNM.COMBusiness Plan Competition 2020 mengadakan National Webinar 2020, dengan tema “UMKM: Breaking Through Limitations, Becoming a Capable Entrepreneur 5.0″ yang digelar secara daring melalui platform Zoom Meeting, Senin (28/12).

Salah satu pembicara pada kegiatan virtual ini yakni Andi Rahmat Manggabarani, merupakan Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD Hipmi) Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2020 hingga 2023. Ia menjelaskan sistem zaman 5.0, yakni pengkolaborasian data, manusia dan mesin.

Ia juga menjawab pertanyaan dari peserta mengenai cara mengatasi perang harga yang menjadi salah satu penghambat dari penjualan. Ia memusatkan pada sebuah pepatah, “ada harga, ada kualitas”.

“Kenapa kita terkonsentrasi ke harga, kenapa tidak ke kualitas, maka tonjolkan kualitas kita. Buatkan narasi, orang suka drama, orang suka konten,” ucapnya.

Ia pun menambahkan alasan untuk tidak berfokus terhadap harga. “Murah tidak selalu laku, murah tidak selalu habis, murah tidak selalu baik,” tegasnya.

Ia juga menegaskan untuk tidak berambisi pada idealnya suatu bisnis yang didapatkan diawal memulai. Sebab menurutnya Bisnis yang baik, adalah bisnis yang dapat menghasilkan profit dengan tidak berpatok pada satu idealisme

“Kalau mau untung besar, tinggalkan dulu bisnis yang idealisme, kita cari bisnis yang profit, setelah profit, kita cari yang ideal,” pungkasnya.(*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A