Pelepasan Peserta Diklatsar Menuju Matra Darat oleh Wakil Rektor III,Rabu(23/12).Foto-ist.
Pelepasan Peserta Diklatsar Menuju Matra Darat oleh Wakil Rektor III,Rabu(23/12).Foto-ist.

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Search and Rescue (SAR) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Pelepasan peserta Pendidikan Latihan DasarĀ (Diklatasar) XIX di depan Gedung PKM UNM oleh Wakil Rektor Bidang Kemahsiswaan dan Alumni (WR III) UNM, Sukardi Weda, Rabu (23/12).

Kegiatan ini diadakan dari 23 hingga 26 Desember 2020 di Desa Bentenge, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros. Matra Air merupakan kegiatan akhir dari Diklatsar UNM.

Dalam pelepasan peserta Diklatasar, Sukardi Weda mengatakan peserta maupun panitia agar tetap menjaga diri dalam situasi pandemi ini.

“Teman-teman tetap jaga kondisi di situasi pandemi saat ini dan tetap Saling jaga antar senior maupun junior dalam kegiatan outdoornya,” pesannya.

Ketua Panitia, Nur Suciyanti mengatakan setelah mengikuti Matra Air dan Vertical Rescue peserta diwajibkan menguasai materi Matra darat dimana pencarian dan pertolongan tidak hanya di laut saja akan tetapi banyak juga korban yang berada di gunung olehnya mereka harus mengatahui materi matra air, vertical rescue serta matra darat agar siap untuk terjun kelapangan.

“Setelah peserta mengikuti matra air dan vertical rescue peserta harus juga menguasai materi matra darat yang dimana kita ketahui bersama pencarian dan pertolongan tidak hanya di laut saja akan tetapi banyak juga korban yang berada di gunung maka dari itu skil mereka di bidang gunung hutan harus lebih matang untuk terjun langsung ke lapangan nantinya,” katanya.

Terakhir, mahasiswa angkatan 2017 ini juga berharap dengan kehadiran anggota baru ini, mampu mengasa skill dengan mengembangkan potensi yang dimiliki peserta baik di bidang Sar maupun lainnya.

“Harapan saya untuk anggota baru ini bukan akhir dari semuanya ini baru awal tetap banyak mengasa skill. Kembangkan potensi kalian dalam bidang apapun yang berkaitan dengan SAR dan tidak lupa juga semangat dalam mengayomi lembaga tercinta,” harapnya.(*)

*Reporter: Irsan Juliani/Editor: Muhammad Khadafi