Wanapanca FMIPA UNM Gelar Diklanjut XVII di Sinjai

0
133
poster diklanjut FMIPA UNM - Foto.Ist
poster diklanjut FMIPA UNM - Foto.Ist

PROFESI-UNM. COM – Wahana Pencinta Alam (Wanapanca) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan kegiatan Pendidikan Lanjutan (Diklanjut) anggota Diksar XVII di Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai.

Kegiatan Diklanjut ini diikuti oleh 5 peserta yang didampingi oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan beserta beberapa pengurus harian Organisasi serta Koordinator Dewan Pertimbangan Organisasi.

Anggota Badan Diklat Diksar XVII Wanapanca FMIPA UNM, Haswandi menjelaskan pendidikan lanjutan ini merupakan hal yang wajib diikuti oleh seluruh anggota muda untuk menjadi anggota penuh di Wanapanca serta kegiatan observasi dan pengkajian mengenai masalah lingkungan.

Lanjutnya, Kegiatan Diklanjut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anggota mengenai cara melaksanakan sebuah penelitian yang baik dan benar dikarenakan sebagai seorang mahasiswa, penelitian sangatlah penting karena menjadi salah satu syarat ketika ingin menyelesaikan studi di kampus. Akan tetapi, penelitian ini lebih memfokuskan terhadap kepencintalaman dan pelestarian lingkungan hidup dikarenakan background Wanapanca itu sendiri sebagai wadah Pencinta alam dan juga anggota berasal dari mahasiswa FMIPA yang notabenenya berbicara mengenai lingkungan. Maka dari itu, kegiatan Diklanjut kali ini dilaksanakan di Kawasan wisata hutan Mangrove Tongke-Tongke dikarenakan lokasi ini sangat cocok untuk diteliti.

Muh. Iksan Husain (Kumbang), mahasiswa Jurusan Biologi angkatan 2018 ini, sebagai koordinator Diksar XVII dan juga sebagai peserta mengungkapkan merasa senang dan antusias mengikuti kegiatan ini dikarenakan dengan adanya kegiatan ini, dia dan teman-temannya mendapatkan pengetahuan baru bagaimana mengkaji soal potensi-potensi Mangrove Tongke-Tongke baik dari segi Fisik dan Sosialnya secara langsung.


Lebih lanjut, ia berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana.

Irwan, selaku Ketua Umum Wanapanca yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengucapkan banyak terimakasih kepada Pengelola Wisata Tongke-Tongke telah bersedia menerima dan mengizinkan kami untuk melaksanakan kegiatan tersebut dan juga bersedia menjadi narasumber dalam proses wawancara peserta. Begitupun terhadap Masyarakat sekitar dan juga wisatawan yang antusias dan membantu lancarnya proses pendidikan lanjutan ini.

“Pendidikan lanjutan ini merupakan proses awal untuk memenuhi status keanggotaan penuh di WANAPANCA FMIPA UNM dan merupakan prasyarat untuk melakukan Nomor Registrasi Anggota.(Anggota seumur hidup),” ucapnya.

Lanjutnya, dia berharap kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa mengimplementasikan ilmu yang mereka terima untuk kedepannya dan tetap semangat mengikuti proses-proses lainnya untuk menjadi anggota Penuh.

“Harapan di laksanakan Diklanjut ini yaitu untuk menambah wawasan teman-teman Anggota muda di Wanapanca.Dalam rangkaian kegiatan ini teman-teman anggota muda di bimbing bagai mana cara meneliti, mengambil data di lapangan, menyusun laporan yang benar layaknyamenyusun skripsi,” ujarnya.

*Reporter: Murni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini