kegiatan pelatihan staf tata usaha SMAN 1 Takalar - Foto.Ist
kegiatan pelatihan staf tata usaha SMAN 1 Takalar - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Makassar (UNM) Sektor Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Takalar menggelar pelatihan dasar pengelolaan administrasi sekolah.

Pelatihan yang merupakan Program Kerja (Proker) dari mahasiswa KKN UNM ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 22 hingga 23 Desember 2020.

Salah satu mahasiswa KKN UNM, Rinaldi Saputra mengatakan tujuan dari pelatihan ini untuk mewadahi staf tata usaha di SMAN 1 Takalar dalam pengelolaan administrasi sekolah dengan mengajarkan bagaimana cara mengoperasikan Google Form dan Microsoft Excel.

“Kami ingin meningkatkan kompetensi staf tata usaha di SMAN 1 takalar dalam hal pengelolaan administrasi sekolah melalui pengoperasian program komputer seperti Google Form dan Microsoft Excel,” katanya.

Lanjut, Ia mengatakan Proker berupa pelatihan ini didasari akan kebutuhan di tempat mereka KKN. “Itu dari hasil observasi dan wawancara dengan pihak sekolah, apa yang mereka keluhkan dan apa yang mereka butuhkan,” tambahnya.

Terakhir, Ia berharap, dengan adanya pelatihan ini dapat membantu dalam peningkatan mutu pendidikan saat ini khususnya dalam mengoperasikan teknologi di SMAN 1 Takalar.

“Tentunya peningkatan kompetensi di bidang teknologi di SMAN 1 Takalar bisa berdampak pada pengelolaan administrasi sekolah yang lebih efektif dan efisien, hal tersebut sejalan dengan perkembangan digitalisasi pendidikan yang menuntut penggunaan teknologi di sektor pekerjaan, termasuk di unit pendidikan,” harapnya.

*Reporter: Fahmi Usta Wardani Bahtiar/Editor: Ema Humaera