rektor UNM Husain Syam - Foto.Ist
rektor UNM Husain Syam - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Sejumlah civitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM) terindikasi kuat terpapar virus Covid-19. Hal ini membuat Rektor UNM mengeluarkan keputusan untuk wilayah UNM di lockdown selama empat hari.

Keputusan ini disampaikan langsung oleh Rektor UNM, Husain Syam pada agenda rapat pimpinan tertutup, di Lantai 7 Menara Pinisi UNM, Rabu (23/12). Rapat ini juga dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor, Dekan, pimpinan Satgas Covid-19 UNM dan beberapa media pers.

Sejumlah civitas akademika diduga tertapapar setelah menghadiri kegiatan di dua acara berbeda beberapa hari lalu. Kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan, tetapi nyatanya masih ada indikasi kuat beberapa civitas akademika UNM positif Covid. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor II UNM, Karta Jayadi dalam konferensi persnya

“Beberapa hari lalu ada kegiatan yang masif dan tetap dengan protokol kesehatan ditambah dengan ada teman dari luar bergabung dalam satu acara tersebut, ternyata ada indikasi kuat beberapa civitas akademika UNM positif Covid,” jelas Karta Jayadi.

Karta Jayadi juga mengungkapkan saat ini ada dua fakultas UNM yang terpapar positif Covid-19. Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebanyak 20 orang dan Fakultas Teknik (FT) ada 6 orang.

“Pada hari itu juga kita langsung tes swab, kemudian semua yang berinteraksi diminta untuk mawas diri. Mungkin juga ada dari fakultas lain, tapi sampai hari ini kita telah melakukan swab massal,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Hasnawi Haris menghimbau seluruh pimpinan, dosen dan mahasiswa agar tetap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah.

“Olehnya itu, di masa lockdown ini kami menerapkan WFH, sambil kita mensterilisasi penyebaran virus. Apalagi diakhir tahun ini proses akademik sudah tidak ada lagi,” ujar Eks Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM.

Mulai hari ini, Satgas Covid-19 telah melakukan penyemprotan ke seluruh ruangan yang terindikasi penularan Covid-19, serta terus berupaya agar langkah tersebut dilakukan selama masa lockdown.

Pemberlakuan lockdown ini juga tertuang dalam surat edaran Nomor: 33697/UN36/TU/2020 tentang pelaksanaan penutupan sementara kampus UNM di kota Makassar. (*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A