Bawa Tradisi ‘Mappadendang’, Andi Nurliana Raih Juara Umum Fashion Show PKK FT UNM 2020

0
54
pelaksanaan Fashion Show PKK FT UNM - Foto.Fadil-Profesi
pelaksanaan Fashion Show PKK FT UNM - Foto.Fadil-Profesi

PROFESI-UNM.COM– Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Andi Nurliana berhasil meraih juara umum dalam kegiatan Fashion Show PKK 2020 yang digelar secara blended di Ballroom Gedung Menara Pinisi, Senin (21/12).

Konsep yang diangkat oleh Andi Nurliana adalah Mappaendang. Konsep ini meupakan salah satu kebudayaan yang ada di Sulawesi Selatan yaitu bugis Makassar. Menurutnya kebudayaan sebuah daerah bisa dilestarikan dengan seperti ini.

“Saya mengangkat tema ‘Mappadendang‘ karena kebudayaan di Sulawesi Selatan,” kata mahasiswi angkatan 2017 ini.

Lanjut, Ia membeberkan bahwa konsep Mappaendang dipersiapkan selama 4 bulan. Dalam 4 bulan tersebut, Ia melalui beberapa proses seperti membuat motifnya, proses fitting 1 dan fitting 2.

Terakhir, mahasiswi asal Bone ini merasa senang atas pencapaian ia raih dan tidak terlepas dari arahan dosen pembimbing.

” Tidak menyangka karena selama ini dijalankan apalagi sibuk sebagai ketua panitia dan dari awal dibimbing dosen,”

Adapun Tradisi Mappadendang atau pesta panen adalah salah satu warisan asli kebudayaan Suku Bugis yang diadakan untuk menyatukan rasa kebersamaan antara petani dan masyarakat sekitar. Tradisi memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas berhasilnya panen padi di suatu daerah.

Desain baju yang mencirikan khas pesta panen dan dibubuhkan dengan motif lesung dan padi lebih menampakkan cirinya, paduan pilihan warna lebih berwarna nampak lebih ceria saat pesta panen berlangsung. (*)

*Reporter: Elfira

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini