Digitalisasi Desa, Himatep UNM Gelar Baksos di Desa Duampanuae Kabupaten Sinjai

0
45
Himatep UNM saat melakukan baksos Pelatihan IT di Desa Duampanuae, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Jumat (18/12). Foto-ist
Himatep UNM saat melakukan baksos Pelatihan IT di Desa Duampanuae, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Jumat (18/12). Foto-ist

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan (Himatep) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dengan mengangkat tema ‘Aksi Nyata Silaturasa, Mengabdi Kepada Masyarakat’. Kegiatan ini digelar dari 14-23 Desember 2020 di Desa Duampanuae, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan.

Ketua Panitia, Muh. Fathul Muin mengatakan bahwa tujuan utama kegiatan ini, tidak lain untuk membangun desa pengabdian serta menjalin silaturahmi kepada warga atau masyarakat setempat.

“Kami ingin mempererat lagi rasa kekeluargaannya, membangun rasa kebersamaan dengan masyarakat dan mendengarkan keluh kesah masyarakat,” tuturnya.

Lanjut, Fathul membeberkan bahwa Desa Duampanuae dipilih sebagai lokasi baksos karena mempertimbangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sana masih terbilang minim dan infrastruktur desa masih perlu dibenahi. Selain itu, melihat kondisi sekarang sulitnya memperoleh perizinan kegiatan di tengah pandemi Covid-19.

“Setelah melakukan observasi kami pikir ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, baik itu dari segi SDM maupun ketersediaan sarana dan prasarana berhubung juga sulitnya mendapat perizinan kegiatan di tengah pandemi,”
lanjutnya.

Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2019 ini berharap agar melalui kegiatan tersebut hubungan dengan masyarakat bisa lebih dekat kapan pun serta dapat menjadi pengalaman bagi mahasiswa/i khususnya Himatep dalam menyelesaikan segala bentuk permasalahan dan memahami kebutuhan masyarakat.

“Harapan saya pribadi, hal ini kan menyangkut bidang sosial dan bagaimana hubungan kami dengan masyarakat, tentunya kami ingin membangun silaturahmi dan berdedikasi kepada masyarakat. Semoga juga teman-teman himpunan bisa lebih loyal dalam berkegiatan,” harapnya.

Adapun beberapa item kegiatan yang dilakukan selama baksos tersebut berlangsung, antara lain Pelatihan Teknologi Informasi (IT), Seminar dan Workshop Antisipasi Hoax dan berbagai item kerja bertema pendidikan lainnya, seperti ruang edukatif.

“Kalau berdasarkan item-item kerja yang dilakukan di sana, kita lebih merujuk ke digitalisasi desa melalui pelatihan dan workshop yang kami adakan,” tambahnya. (*)

*Reporter: Nur Azisa/Editor: Annisa Puteri Iriani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini