Ini 9 Kerja Sampingan Buat Para Mahasiswa

    0
    38
    Ilustrasi mahasiswa. (Foto: int)

    PROFESI-UNM.COM – Halo sivitas akademika Universitas Negeri Makassar (UNM), gimana nih, selama kuliah, ngerasa atau ingin menambah penghasilan ya? Kalau mau yuk, simak sembilan kerja sampingan yang dapat kamu kerjakan.

    Dilansir dari finansialku.com, berikut ulasannya:

    1.Jadi asisten dosen

    Buat kalian yang punya nilai Index Prestasi Kumulatif (IPK) yang memuaskan, atau kualitas akademik kamu yang mumpuni, bisa banget melamar jadi asisten dosen.

    Selain penghasilan yang lumayan, kamu bisa mengasah dan membagikan ilmu buat adik-adik tingkat serta dapat salry yang cukup lumayan.

    2. Jadi guru les privat

    Selain bisa mengisi waktu kosongmu, ini juga dapat nambah pemasukanmu. Kamu bisa putuskan sendiri salry yang sesuai dengan jumlah pertemuannya.

    Nah sebagai saran, kamu jangan menerima murid yang minta les hanya saat musim ulangan aja, nanti kamu akan rugi loh, soalnya ulangan kan ada musimnya, dan tentunya belajar itu butuh proses.

    3. Jadi contributor

    Buat kamu yang hobis nulis, jadi contributor atau mengirimkan hasil karya tulis ke media cetak ataupun elektronik, bisa menambah penghasilanmu.

    Biasanya mereka memerlukan berita-berita lokal disuatau daerah. Kamu juga bisa berbagi tulisan berupa opini, cerita pendek ataupun resesensi buku dan lain sebagainya.

    4. Jadi content writer

    Kerjaan sampingan ini buat kamu yang suka dengan hobi menulis. Kamu bisa cari lowongan melalui internet.

    Biasanya, mereka memberikan syarat buat kamu mengirimkan tulisan karyamu, yang tentunya otentik dan menarik.

    5. Jadi penterjemah

    Mana nih yang bisa atau udah jago banget dalam bahasa asing? Kalau kamu termasuk orangnya, kamu bisa nih jadi translator atau interpreter.

    Selain mengasah kemampuanmu, ini juga bisa nambah uang jajan kamu.

    6. Jadi jasa desain grafis

    Pekerjaan ini mulai berkembang dan menjamur. Jika kamu kuliah ataupun punya bakat nih, yuk kalian manfaatin kedalam dunia bisnisnya, sekaligus nambah pengalaman juga.

    Kamu bisa jadi graphic designer.

    7. Jadi event organizer

    Bergabung dengan event organizer, juga dapat nambah uang jajan kamu. Biasanya mereka mengadakan banyak acara yang dihadiri ratusan bahkan ribuan peserta.

    8. Jadi tukang ojek

    Kamu sadar ga sih, beberapa tahun ini ojek online kian merayap dijalanan. Nah, kamu yang punya kendaraan pribadi, kenapa ga coba kerja jadi tukang ojek aja?

    Banyak loh pengawai kantoran yang jadikan tukang ojek sebagai kerja sampingan mereka.

    9. Jadi pelayan retoran atau barista

    Kerja sampingan ini juga sekarang cukup digemari. Barista kini udah ga asing lagi ditelinga kamu, nah kamu juga bisa jadi pelayan restoran atau barista ditempat cafe favoritmu.

    Nah gimana, udah nemu pilihan pekerjaan sampingan buat kamu belum?.(*)

    *Reporter: Annisa Asy Syam. A

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini