Proses wisuda UNM periode Desember 2020, Kamis (17/12). (Foto: Fadhil Aqilah)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar wisuda periode Desember 2020 yang dilakukan secara blended dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Agenda wisuda itu telah berlangsung di Ballroom Theater Lantai 3 Pinisi UNM, Kamis (17/12).

Agenda tersebut dibuka langsung oleh Rektor UNM, Husain Syam yang diikuti sebanyak 1.000 wisudawan dari Program Sarjana dan Pascasarjana UNM.

Angela Sanita Garsan yang merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi (FE) periode Desember 2020 ini menuturkan, wisuda periode ini kehilangan momen dan sangat biasa saja dan bahkan Ia tidak mengikuti proses wisuda.

“Rasanya tidak seru pasti, dan sebenarnya saya juga tidak ikut ji wisuda yang diadakan hari ini dizoom karena ku bilang sudah ma kemarin offline ramah tamah kek tidak begitu penting ji hari ini,” ujarnya.

Lanjut, Angela sapaannya menambahkan bahwa seharusnya wisuda periode ini dilakukan secara luring dengan memperketat peraturan dalam mematuhi protokol kesehatan atau mengurangi jumlah wisudanya.

“Tapi menurutku tidak papa ji toh mentok 3 sesi atau pilihan lain pendaftaran wisudawannya dikurangi,” tambahnya.

Disisi lain, salah satu wisudawan terbaik dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Ade Yustina mengatakan pelaksanaan wisuda periode ini walaupun dilakukan secara blended, tetapi euforia kegiatannya masih tetap terasa.

“Pelaksanaannya sudah dipersiapkan dengan matang, pokoknya bagus. Dan kalau kekurangannya karena tidak bisa ramai-ramai ke sini sama teman-teman, seluruh wisudawan tidak dapat ke sini merasakan apa yang kita rasakan juga sebagai perwakilan dari mereka,” ungkapnya. (*)

*Reporter: Ema Humaera