Marhaeni Putri Pemenang The Best Young, Cook Of The Year dalam acara CKB PKK Virtual Expo 2020. Foto-Mustika/Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Cipta Karya Boga (CKB) dan Busana. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung Dekanat FT, Rabu (16/12).

Kegiatan CKB merupakan salah satu praktikum dari mata kuliah wajib yang ada di Juruan PKK. Tujuan kegiatan CKB dibuat menjadi acara dan kompetisi agar karya-karya Mahasiswa Jurusan PKK dapat dikenal oleh banyak orang.

Marhaeni Putri, pemenang Cook Of The Year mengatakan sangat senang dan tidak menyangka menjadi pemenang dari lomba CKB tahun ini

“Karena teman-teman saya lebih banyak yang lebih bagus tapi mungkin dari beberapa penilaian dan sudah jalannya saya menang jadi sangat bersyukur,” katanya

Mahasiswi Tata Boga S1 ini membuat makanan main course berupa Nasi Wortel, Ayam Bumbu Rujak serta Gado-gado dan semuanya tercampur dengan bahan utama yaitu jamur sedangkan untuk oleh-olehnya sendiri itu biskuit tomat.

Mahasiswi angkatan 2017 itu juga mengungkapkan suka duka yang dialaminya selama mempersiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan CKB tahun ini.

“Persiapan untuk kegiatan CKB ini kurang lebih memakan waktu 2 setengah bulan, dan pada saat disini kita selalu begadang dan tidak tidur tapi itu semua terbayar dengan berjalannya kegiatan ini dengan baik,” ungkapnya.

Lanjut, Marhaeni mengatakan bahwa alasan membuat menu makanan ini karena semua bahan makanan ini dapat meningkatkan imunitas tubuh, namun untuk oleh-oleh yang dibuat terinspirasi dari program mata kuliah industri pangan.

“Karena dulu ada program mata kuliah Industri Pangan, dan dulu itu saya ambil tomat sebagai bahan untuk dibuat saos tomat, selain itu tomat juga memiliki nilai ekonomis jadi sangat bagus untuk diolah,” jelasnya.

Terakhir, Marhaeni berharap dapat terus berkarya dan berinovasi dalam kegiatan-kegiatan berikutnya dan dapat memberikan motivasi bagi teman-temannya yang lain

“Harapan saya, semoga teman-teman diluar sana bisa lebih berkarya lagi lebih banyak inovasi-inovasi yang dibuat ,” harapnya. (*)

*Reporter: Mustika Fitri/ Editor: Muhammad Khadafi