KMM Asy-Syamil FE Gelar Webinar Nasional Ekonomi

0
45
Pemaparan materi pada kegiatan webinar nasional ekonomi KMM Asy-Syamil FE UNM - (Foto-Mia Profesi)

PROFESI-UNM-COM – Keluarga Muslim Manajemen (KMM) Asy-Syamil Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar acara Webinar Nasional Ekonomi Islam yang bertema ‘Sistem Ekonomi Islam, Strategi dan Penerapannya’ via Zoom, Sabtu (12/12).

Sistem Ekonomi Islam adalah penyelenggaraan kegiatan perekonomian baik yang berhubungan dengan produksi, konsumsi, distribusi ataupun penukaran yang berlandaskan pada asas syariat Islam, yaitu AL-Quran dan Sunnah Rasul.

Salah satu pemateri webinar, Sulkaf S Latif mengatakan bahwa berbicara tentang keagamaan bukan hanya keberhasilan di dunia tapi juga di akhirat.

“Kalau kita melihat pasti semua sistem pasti menginginkan bahwa lebih baik kehidupan ini, kalau kita berbicara islam tidak berbicara hanya kebaikan atau kesejahteraan didunia tetapi dia di akhirat,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa untuk sampai di titik kesejahteraan kita perlu menanamkan nilai keadilan.

“Untuk sampai kesitu bisa kita jadikan pilar atau turunannya adalah kalau dia mau baik dunia akhirat maka yang paling penting kita pegang dalam dunia ini adalah bagaimana tetap menciptakan keadilan dan keseimbangan” jelasnya.

Terakhir Ia mengatakan ekonomi Islam adalah ekonomi yang menunjukkan manfaat dari berbagai sisi.

“Kalau kita berekonomi, karena ekonomi itu kegiatan kehidupan untuk bertukar sumber daya bahwa ada bertukar atau terjadi pertukaran sumber daya maupun tenaga, modal, sumber daya alam itu kita pertukarkan, yang penting kita semua kalau menurut saya bahwa semua menarik manfaat tidak ada yang merasa dirugikan semua harus ritual,” jelasnya. (*)

*Reporter: Sumaya Nursyahidah/Editor: Kristiani Tandi Rani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini