Ilustrasi kepribadian. Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Kepribadian Menyebalkan atau sering disebut “Annoying Behaviour” secara umum ditandai dengan sikap individualis yang egois, kepentingannya akan selalu menjadi prioritas, sehingga mereka berteman semata-mata untuk memanfaatkan orang lain dan seringkali mereka merugikan teman-temannya sendiri.

Jangan sampai deh kamu satu circle pertemanan dengan orang-orang seperti ini! Berikut istilah-istilah yang mendeskripsikan 8 tipe annoying behaviour yang harus kamu ketahui agar tidak menjadi salah satunya.

  1. Narcissism
    Seseorang egois yang hanya selalu peduli dengan dirinya sendiri atau mencintai dirinya sendiri dengan berlebihan.
  2. Victimization
    Seseorang yang sering ‘play victim’ atau membuatmu ‘tersangka’ akan segala kasus. Ketika menghadapi masalah mereka justru selalu menuduhmu atau sengaja menyalahkanmu berlebihan.
  3. Patronization
    Seseorang yang memiliki rasa percaya diri terlalu tinggi sehingga ia selalu merasa mereka ‘lebih baik’ daripada orang lain. Dalam satu ruangan yang ditempatinya, ia selalu merasa yang paling pintar di antara orang-orang yang sedang bersamanya.
  4. Delusion
    Seseorang yang tidak dapat dipercaya omongannya karena mereka lebih sering berdelusi alias ‘halu’.
  5. Justification
    Seseorang yang selalu merasa “benar” akan segala hal yang ia lakukan. Biasanya orang-orang dengan tipe ini selalu bertindak tanpa pikir panjang dan memiliki sikap toleransi yang rendah.
  6. Ego stroking
    Seseorang yang hanya datang kepadamu karena membutuhkan sesuatu. Kerap kali seseorang yang nyaris tidak pernah berinteraksi denganmu sebelumnya namun tiba-tiba menghubungimu dan terkesan hanya ingin memanfaatkanmu.
  7. Pettiness
    Seseorang yang tidak memiliki kendali emosi dengan baik sehingga Ia selalu saja marah berlebihan atau naik emosi untuk hal-hal yang sepele
  8. Hypocrisy
    Seseorang yang mengecap negatif orang lain tanpa melihat sifat dari dirinya sendiri.

Bagi kamu yang memiliki salah satu sikap di atas, yuk berubah menjadi lebih baik! Dan bagi kamu yang seketika mengingat seseorang dari tipe kepribadian menyebalkan diatas, sebaiknya kamu lebih berhati-hati ya!. (*)

*Reporter: Khuznul Khotimah