Basmin Mattayang saat mengikuti Ujian Promosi Doktor Bidang Ilmu Administrasi Publik
Basmin Mattayang saat mengikuti Ujian Promosi Doktor Bidang Ilmu Administrasi Publik, Sabtu (12/12). Foto-Humas UNM

PROFESI-UNM.COM – Bupati Luwu, Basmin Mattayang meraih gelar doktor pada Bidang Ilmu Administrasi Publik Program Pasca Sarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar. Sidang Promosi Doktor ini berlangsung di Ballroom Teater Lt. 3 Menara Pinisi, Sabtu (12/12).

Mengangkat disertasi ‘Dampak Politisasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Kabupaten Luwu’ Basmin menjelaskan bahwa praktik politisasi birokrasi saat ini marak terjadi. Dengan memanfaatkan ASN yang memiliki banyak keluarga wajib pilih, ASN sering digunakan untuk politik praktis.

“Politisasi bisa memecah belah masyarakat dan juga keluarga seringkali bertengkar akibat pilihan politik yang berbeda,” katanya.

Lebih lanjut, menurutnya harus ada edukasi terhadap ASN agar tidak mudah dimanfaatkan untuk menjadi alat politik karena itu akan mencederai ASN sebagai pihak yang seharusnya tidak melakukan politik praktis.

“Kita perlu melakukan strategi pembinaan ekstra terhadap ASN agar menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UNM Husain Syam mengatakan ini adalah suatu raihan besar karena gelar doktor adalah gelar tertinggi di dunia pendidikan. Menurutnya ini merupakan tanggung jawab besar yang harus diemban ke depannya.

“Saya tahu ini pasti melewati banyak pengorbanan namun demikian hasilnya bisa kita lihat saat ini yaitu gelar doktor resmi Basmin Mattaya dapatkan,” katanya.

*Reporter: Fikri Rahmat Utama