Kegiatan Vertical Rescue Diklatsar SAR UNM. (Foto-ist)

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Search and Rescue (SAR) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kegiatan outdoor Vertical Rescue dan Matra Air sebagai rangkaian dari Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar). Kegiatan ini diadakan pada 9 hingga 13 Desember 2020 di Kantor SAR kelas A dan Tanjung Bayang.

Vertical Rescue sendiri merupakan teknik-teknik pencarian dan pertolongan di ketinggian. Materi yang diajarkan yakni tali-temali, materi anchoring, belaying, escending, descending, lifting, lowring, dan manajemen tandu.

Sedangkan untuk Materi Terapan (Matra) air peserta diajarkan teknik-teknik pencarian dan pertolongan di air dengan materi yaitu water rescue (pencarian di permukaan laut), selam dasar (teknik pencarian di dalam laut), dan driver PK (teknik mengendarai perahu karet). Di matra ini peserta akan mempraktekkan langsung yang dipandu oleh anggota BASARNAS.

Ketua Panitia, Nur Suciyanti menuturkan antusias peserta sangat baik, terbukti dari masih semangat dan sehatnya peserta yang berjumlah 12 orang tersebut dalam mengikuti rangkaian kegiatan outdoor.

“Alhamdulillah antusias dari peserta sangat baik hingga sampai saat ini peserta masih semangat dan dalam keadaan sehat meskipun ini sudah hari ke-3 kegiatan dari 5 hari kegiatan yang akan mereka laksanakan,” tutur mahasiswi angkatan 2017 tersebut.

Lebih lanjut, Suci sapaannya berharap agar para peserta tetap semangat dan berproses hingga pengukuhan nantinya dan Diklatsar XIX UKM SAR UNM mampu menghadirkan regenerasi yang terlatih dan eksis dalam misi kemanusiaan.

“Harapan saya terkhusus untuk para peserta tetap berproses dan jangan patah semangat sampai puncak pengukuhan dan menjaga kondisi fisik dan mental nya untuk menghadapi rangkaian kegiatan ini sampai akhir. Serta untuk DIKLATSAR XIX sendiri semoga pada kegiatan kita kali ini bisa menghadirkan regenerasi yang senantiasa menjunjung tinggi visi dan misi SAR UNM,” harapnya.

Sebelumnya, Diklatsar XIX UKM SAR UNM telah melakukan kegiatan indoor di kelas gedung bahasa arab pada 27-29 November dan 4-6 desember 2020 lalu. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani