Aksi Kampanye Peringati Hari Disabilitas Internasional HMJ PLB FIP UNM di Flyover Jalan Urip Sumohardjo (3/12).

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Luar Biasa (PLB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan mengadakan Semarak via daring pada 12 Desember mendatang. Semarak ini akan digelar sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Hari Disabilitas Internasional pada 3 Desember lalu.

Dalam Semarak nanti, akan diadakan lomba yang mengikutsertakan 15 sekolah luar biasa (SLB) dan sekolah inklusi di Sulawesi selatan.

Adapun lomba yang akan diikuti oleh siswa-siswi SLB dan sekolah inklusi adalah menari, menyanyi, bercerita, dan fashion show.

Muhammad Syarif selaku ketua panitia mengungkapkan, tema kegiatan tahun ini adalah ‘Melawan Keterbatasan Tanpa Batas Menuju Indonesia Inklusi’. Tema tersebut dipilih agar para disabilitas mampu melawan segala hambatan keterbatasan dan semangat menuju indonesia yang inklusi.

“Supaya teman-teman bisa melawan dalam artian menghadapi segala hambatan keterbatasan kesulitan dengan tidak mudah menyerah segala yang dihadapi dengan penuh harapan agar menjadi indonesia yang inklusi, agar semuanya merasakan kesetaraan tanpa adanya diskriminasi,” ungkap Syarif.

Ia juga mengharapkan agar pemerintah bisa mewujudkan aksesibilitas yang layak dalam lingkup masyarakat dan kampus serta berfokus pada pemberdayaan disabilitas.

“Meningkatkan hak, martabat, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas serta stop diskriminasi. Wujudkan aksesibilitas yang layak,” harap ketua panitia itu.

Sebelumnya, HMJ PLB FIP UNM telah menggelar Aksi Kampanye di Flyover Jalan Urip Sumohardjo sebagai bentuk peringatan Hari Disabilitas Internasional.

*Reporter: Annisa Puteri Iriani