Agenda tanya jawab Suma UI bersama LPM Profesi UNM, Rabu (9/11). (Foto-Dela Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Pers Mahasiswa Suara Mahasiswa (Suma) Universitas Indonesia (UI) berbagi banyak cerita dalam Sarasehan yang diadakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM), Rabu (9/12).

Salah satu cerita yang menarik ialah fakta Suma UI tidak pernah mendapat tendensi dari pihak birokrasi.

Hal tersebut diungkap oleh Fadhil (Pemimpin Umum) dan Diena (Pemimpin Redaksi) Suma UI ketika sesi sharing mengenai peliputan selama menjadi jurnalis kampus dalam Sarasehan.

Mereka menuturkan bahwa meski sering membuat berita kritik tentang kebijakan kampus, pihak birokrasi tak pernah sekalipun memberikan tendensi kepada Suma UI.

“Alhamdulillah hingga saat ini belum pernah kak dapat tendensi dari birokrasi,” tutur Diena.

Lebih lanjut, Diena mengatakan alasan dibalik hal itu karena berita yang diterbitkan Suma UI dikemas dalam bahasa sehalus mungkin serta selalu adanya keseimbangan dalam tiap pemberitaannya juga pihak kemahasiswaan dan Suma UI yang selalu melakukan pertemuan guna membahas berbagai hal kampus UI sendiri.

“Kami memberikan ruang kepada siapa saja untuk bicara diplatform kami, kami juga selalu jaga hubungan baik dan sering adakan rapat dengan kemahasiswaan,” jelasnya.

Terakhir, Ia juga mengungkap tak bisa dipungkiri ada pihak yang mengkritik tentang berita yang diterbitkan seperti lembaga-lembaga di UI. Namun, hal tersebut dianggap biasa oleh pihak Suma UI karena mereka selalu menjunjung prinsip keseimbangan dalam berita.

“Kalau yang labrak-labrak dari lembaga di UI sering sih, biasa karena masalah typo atau tidak setuju dengan pemberitaan kami,” ungkapnya. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani