Fadhil, Pemimpin Umum Suma UI
Fadhil, Pemimpin Umum Suma UI saat menyampaikan sambutan, Rabu (9/11). (Foto-Dela Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Sarasehan bersama Pers Mahasiswa Suara Mahasiswa (Suma) Universitas Indonesia (UI) secara virtual, Rabu (9/12).

Sarahsehan ini diadakan sebagai wadah untuk berbagi pengalaman dan ilmu kejurnalistikan antar dua lembaga pers mahasiswa tersebut.

Uniknya, Suma UI memiliki reporter dibidang khusus seperti Sosial Politik (Sospol), Lifestyle, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), serta Seni Budaya dan penugasan tiap reporter juga dirolling guna memperluas wawasan dalam ilmu kepenulisan.

“DI Suma ada Sospol, lifestyle, iptek, dan seni budaya. Reporternya di rolling untuk memperkaya ilmu kepenulisan,” tutur Diena, Pemimpin Redaksi Suma UI.

Terkait dengan produktifitas khusunya dikala pandemi, Suma UI mengakali keadaan tersebut dengan memanfaatkan media online apalagi wilayah kampus mereka yang kasus Covid-19 yang terbilang cukup tinggi, yang menjadikan Suma UI jeli dalam mengambil peluang.

“Kebetulan visi kami membawa Suma UI ke era digital, jadi kami memanfaatkan media online untuk memproduksi artikel. Beruntung sih kami tidak menerbitkan,” tutur Fadhil, Pemimpin Umum Suma UI.

Lebih lanjut, Fadhil mengungkapkan bahwa beberapa gedung di UI dijadikan tempat penampungan pasien Covid-19 sehingga sampai semester depan kampus tersebut akan tetap kuliah daring.

Hal ini tentu mempengaruhi koordinasi anggota UI, untuk itu Fadhil mengakalinya dengan mengadakan rapat secara online via Google Meet untuk membahas kerja-kerja kejurnalistikan kedepannya.

“Biasanya kami pakai Google Meet rapat mingguannya tapi sekarang diadakan sebulan sekali dengan membahas apa-apa aja yang bakal kita lakuin sebulan kedepan per tiap divisinya,” jelasnya.

Sarasehan tersebut diakhiri dengan foto bersama para pengelola LPM PROFESI UNM dan Suma UI. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani