Foto bersama Suma UI dengan LPM Profesi UNM secara virtual, (9/12). (Foto - Ayu Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar sarasehan dalam rangka silaturahmi dengan Pers Suara Mahasiswa (Suma) Universitas Indonesia (UI). Kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui Platfrom Zoom Meeting, Rabu (9/12).

Dihadiri kurang lebih 30 orang dari Suma UI dan LPM Profesi UNM, silaturahmi ini diwarnai dengan canda tawa serta perkenalan dari masing-masing anggota sekaligus produk yang dihasilkan oleh masing-masing lembaga pers.

Dalam perbincangan ini, banyak pertukaran pengetahuan yang didapatkan, salah satunya dari Suma UI yang menjelaskan bahwa untuk tahun ini, mereka tidak menghasilkan produk secara fisik, melainkan lebih memfokuskan produk di digital.

“Untuk tahun ini Suma UI tidak menghasilkan produk cetak, soalnya dipengaruhi juga pandemi covid-19, nah untuk menjaga keamanan, tahun ini kita tiadakan” ungkap Pemimpin Umum Suma UI, Fadhil.

Suma UI juga menjelaskan jumlah divisinya, yakni divisi reporter, humas, litbang dan audiovisual. Untuk penulisan berita sendiri, ada dua jenis redaktur, redaktur pelaksana 1 dan 2. Redaktur pelaksana 1 lebih fokus untuk menulis berita hardnesw dan untuk redaktur pelaksana 2 lebih berita softnews atau berita ringan.

Selain itu, Suma UI mengungkapkan bahwa mereka biasanya melakukan pergantian pemimpin setiap divisi di waktu-waktu tertentu.

“Biasanya setiap beberapa bulan, Suma UI akan mengganti setiap pimpinan, tujuannya agar pemahaman kami lebih meningkat,” ungkapnya(*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A