Salah satu peserta lomba TPS. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Praktek Pengalaman Lapangan (KKN-PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar (UNM) menghelat Lomba Tes Potensi Skolastik (TPS). Lomba ini berlangsung secara daring melalui platform Google Form, Selasa (8/12).

Soal pada lomba tersebut terdiri dari 15 nomor materi penalaran umum, 10 nomor materi pemahaman bacaan dan tulisan, 10 nomor pengetahuan dan pemahaman umum, dan 15 nomor materi pemahaman kuantitatif. Soal dikerjakan dalam waktu 90 menit.

Penanggung-jawab kegiatan, Danial Fanzeka mengatakan lomba ini digelar sebagai wadah untuk berlatih menghadapi tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) nanti. Menurutnya, tes potensi skolastik adalah tes kompetensi dasar yang perlu dikuasai oleh siswa.

“Sebelumnya kami mau adakan lomba media pembelajaran, tapi saya pikir tes potensi skolastik ini lebih beresensi,” ujarnya.

Sebanyak 60-an siswa mengikuti lomba tes potensi skolastik tersebut. Pemenang juara 1, 2 dan 3 kemudian ditentukan berdasarkan tiga poin teratas. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati