Kelas Virtual yang digelar mahasiswa KN-PPL Terpadu UNM Sektor SMAN 3 Bulukumba. (Foto: Dela-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Praktek Pengalaman Lapangan (KKN-PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Kelas Virtual bersama siswa SMAN 3 Bulukumba. Kegiatan bertajuk “Setelah Lulus, Mau ke Mana?” ini berlangsung secara daring melalui platform Zoom Meeting, Minggu (6/12).

Kelas virtual ini ditujukan sebagai salah satu wadah untuk siswa agar dapat berdiskusi dan berkonsultasi terkait studi lanjutan bersama konselor sekolah. Adapun pemateri dalam kelas virtual ini yakni salah satu Konselor di SMAn 3 Bulukumba, Umi Wardana Zainal.

Di kelas virtual tersebut, Umi Wardana Zainal membagikan kiat-kiat memilih jurusan kepada peserta. Menurutnya, untuk memilih jurusan yang tepat maka terlebih dahulu siswa harus memahami dirinya, yang meliputi pemahaman mengenai tipe kepribadian, minat, potensi, motivasi, serta kualifikasi diri. Selain itu, siswa juga perlu mempertimbangkan hal-hal lain di luar dirinya.

“Yang perlu dipertimbangkan juga yakni prospek kerja, lokasi kampus, akreditasi dan biaya,”jelasnya.

Di sela-sela pematerian, Ia berpesan kepada seluruh peserta agar mempertimbangkan dengan matang pilihan jurusan yang akan diambil di jenjang berikutnya.

“Salah jurusan akan berakibat fatal pada dunia kuliah dan dunia kerja nantinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Bulukumba mengapresiasi kelas virtual ini. Ia berharap banyak siswa yang ikut berpartisipasi sehingga nantinya mendapat setidaknya sedikit kejelasan akan kebingungannya terkait studi lanjutan.

“Saya kira ini sangat bermanfaat supaya anak-anak tidak kebingungan lagi masalah jurusan di PTN, semoga banyak yang ikut,” katanya. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati