Foto bersama mahasiswa KKN-PPL Wajo dengan siswa - Foto.Ist
Foto bersama mahasiswa KKN-PPL Wajo dengan siswa - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Optimalkan proses belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pembelajaran Lapangan (PPL) Univeristas Negeri Makassar (UNM) SMA Negeri 3 Wajo, Kabupaten Wajo, gelar pendampingan literasi dasar untuk siswa kelas 1 sekolah dasar (SD). Hal ini mereka lakukan untuk menanggulangi pembelajaran daring yang masih belum berjalan efektif.

Koordinator sekolah (korsek) SMA Negeri 3 Wajo, Muh. Wahidul Islamic Fashya menjelaskan, dirumuskannya program ini karena melihat siswa kelas 1 belum bisa menjalankan pembelajaran daring secara efektif.

“Tujuan dilaksanakan gerakan baca tulis dan menghitung, yakni melihat kondisi pandemi sekarang, dimana tidak efektifnya pembelajaran yang dilakukan secara online terutama di jenjang SD. Siswa hanya diberikan tugas oleh guru melalui WhatsApp“, ujar Mahasiswa Jurusa Pendidikan Kepelatihan ini.

Lebih lanjut, Muh. Wahidul menjelaskan bahwa, pemberian tugas tanpa pendampingan menjadi salah satu masalah utama bagi siswa saat ini.

“Hal ini tentu menjadi sebuah masalah terutama untuk siswa yang masih berada dijenjang kelas 1. Mereka tentu masih butuh yang namanya pendampingan, khususnya dalam membaca, menulis dan juga menghitung,” jelasnya.

Melalui program kerja tersebut, mahasiswa semester tujuh tersebut berharap agar kegiatan ini bisa meningkatkan literasi dasar siswa.

“Harapan kami dengan diadakannya proker ini, agar siswa terutama jenjang kelas 1 SD di kelurahan Teddaopu fasih dalam membaca menulis dan menghitung,” tuturnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang diperuntukan untuk masyarakat. Jadi selain mengabdi langsung di SMA Negeri 3 Wajo, mereka juga merumuskan program untuk masyarakat. Program ini dilakukan setiap pekannya, tepatnya di hari Jumat. Mereka mengajar tidak kurang dari 15 orang anak SD yang masih duduk kelas 1. (*)

*Reporter: Andi Tenri Abeng