Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) - (Foto-Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Dalam waktu dekat ini, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan membuat Biro Kegiatan Mahasiswa Fakultas (BKMF) baru. Lembaga yang satu ini akan menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan karya ilmiah.

Saat disambangi di ruangannya, Kamis (19/11) Dekan FIP UNM, Abdul Saman mengungkapkan lembaga itu nantinya akan menjadi pusat penelitian mahasiswa fakultas. Ia menilai perlu untuk mewadahi mahasiswa yang punya orientasi dalam kepenulisan ilmiah hingga penyusunan Proposal Kreativitas Mahasiswa (PKM).

“Pimnas juga salah satu alasan untuk dibentuk ini, tapi yang utama itu untuk memfasilitasi mahasiswa kita yang punya bakat dalam tulis menulis dan karya-karya inovatif,” ungkapnya.

Olehnya di tahun 2021 nanti, mahasiswa yang punya minat di bidang tersebut akan punya lembaga sendiri atau BKMF. Pun sejauh ini pembahasan pembentukan lembaga tersebut sudah sampai dalam Rapat Kerja (Raker) fakultas yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu.

Pria asal Bone itu berencana merampungkan lembaga tersebut bertepatan dengan pembentukan pengurus baru Lembaga Kemahasiswaan (LK) fakultas. Sebagai tahapan awal, Abdul Saman mengaku telah memberikan wewenang kepada Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (WD III) FIP UNM untuk membentuk tim penggagas lembaga tersebut.

“Kita lihat aturannya, karena tentu ini ada AD/ART-nya (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga). Nanti timnya (tim penggagas) WD III yang atur,” tandasnya.

Mendengar hal itu, salah seorang mahasiswa FIP UNM, Wildhan Marwan menilai usulan itu bisa menjadi ruang belajar baru bagi mahasiswa di fakultas.

“Bagus saya rasa, supaya kedepan mahasiswa yang berkecimpung di lembaga itu punya tempat belajar lintas jurusan di fakultas,” ujarnya. (*)

*Reporter: Muhammad Ilham Akbar. B