Foto ruas jalan di depan Dekanat FIS yang terkena banjir beberapa jam yang lalu, Rabu (2/12). Foto-Fikri Profesi

PROFESI-UNM.COM – Hujan yang saat ini terus menerus terjadi di awal bulan Desember ini berakibat tergenang di beberapa tempat. Salah satunya yaitu ruas jalan di depan Dekanat Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM), yang kembali tergenang setelah diguyur hujan sejam lebih, Rabu (2/12).

Genangan ini, berakibat pada arus lalu lintas jalan menjadi terganggu. Mahasiswa serta dosen menjadi mengeluh akibat harus melewati genangan setinggi 20 cm.

Said, Satpam UNM Gunung Sari mengungkapkan genangan ini biasa akan menjadi semakin parah bila hujan tak kunjung reda hingga malam hari. Menurutnya, itu adalah banjir rutin yang sering terjadi dan belum bisa diatasi hingga sekarang.

“Kalau sampai malam ini hujan, biasanya sampai basement tergenang, dan paginya baru bisa surut,” ujarnya.

Menurutnya, kemungkinan banjir ini disebabkan jalan yang di depan Dekanat tersebut tanahnya lebih rendah dibanding tanah di sekitarnya. Sehingga saat hujan, air di wilayah lain akan mengalir ke jalan tersebut lalu membuat jalan itu banjir.

“Itu di Jalan Pendidikan, tanahnya tinggi. Jadi biasanya, kalau tergenang maka airnya akan mengalir ke dalam kampus, khususnya di depan Dekanat FIS ini,” katanya. (*)

*Reporter: Annisa Asy Syam