Dedi Risaldi, Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM), Minggu (29/11). Foto-Resky Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Dedi Risaldi, Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menyabet penghargaan setara perak. Namun, kali ini dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 pada kategori Poster bidang Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Sosial Humaniora (PKMPSH) berjudul “Konstruksi Ideologi dalam Wacana Bernegara Tahanan Teroris dan Strategi Penyebaran bagi Masyarakat Kelas Bawah”, Minggu (29/11)

Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) ini menceritakan alur perjalanannya yang membuahkan hasil menggembirakan ini. Ia menuturkan, poster yang berhasil memperoleh medali itu sebenarnya telah melalui berbagai macam cobaan hingga revisi berulangkali.

“Bersama ketua tim saya selalu setiap malam kerja artikel, cari literatur, karena banyak sekali ide-ide yang harus dituangkan dalam poster,” tuturnya

Ia juga mengungkapkan banyak menghadapi kerasnya ujian hidup, tak sedikit orang memilih mundur di tengah jalan. Namun, Ia masih bertahan, sebab karena memegang prinsip bahwa proses tidak akan menghianati hasil.

“Jika kita bersungguh-sungguh diprosesnya pasti akan kita dapat hasil yang baik pula,” ungkapnya.

Terakhir, Ia berharap agar Mahasiswa UNM menjadi lebih kreatif dari sebelumnya dan juga ikut terjun dalam karya ilmiah PKM itu sendiri, “Supaya kita mengharumkan UNM di kanca PIMNAS,” ucapnya.

Sebelumnya, di PIMNAS yang ke-32, Ia bersama 2 rekan timnya juga berhasil meraih penghargaan medali perak kategori presentasi, melalui PKM yang ditulisnya berjudul “Transformasi Epos I La Galigo ke dalam Bentuk Serial Webtoon sebagai Media Pembelajaran Karya Sastra Kalis Bugis” yang dilaksanakan di Universitas Udayana Bali. (*)

*Reporter: Muhammad Resky