Mahasiswa UNM meraih medali perak pada saat pengumuman lomba PIMNAS ke-33, Minggu (29/11). Foto-Resky Profesi

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM), Nur Indra Pratiwi bersama timnya berhasil memperoleh penghargaan medali perak pada kategori Poster, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 di bidang Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKMKC) yang berjudul “Sensor System Untuk Peringatan Dini Gelombang Tsunami,” Minggu (29/11).

Pada saat hasil pengumuman lomba, Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) UNM tersebut tampak sumringah setelah menyaksikan hasil jerih payahnya selama beberapa bulan lamanya di lantai 3 Ruang Teater Menara Pinisi.

Ia menerangkan bahwa penelitian yang memperoleh medali perak itu merupakan hasil refleksi dari kegagalan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam memprediksi terjadinyabencana tsunami yang menimpa Palu, pada 2018 silam.

Ia menilai, sistem peringatan dini atau Early Warning System milik BMKG kala itu belum akurat. Sebab, dianggap belum mampu memprediksi secara tepat waktu terjadinya tsunami. Sehingga, warga yang berada di sekitar tersebut pun tak tahu menahu persoalan becana alam itu, hingga akhirnya menelan banyak korban.

“Jadi waktu itu BMKG mengeluarkan peringatan dini terjadinya tsunami, namun ternyata peringatannya ditarik kembali. Namun, beberapa waku setelah penarikan informasi itu, tsunami malah terjadi,” ujarnya.

Oleh karena itu, penelitian PKM tersebut pun digagas sebagai perangkat pendukung Early Warning System milik BMKG dalam memprediksi secara cepat dan akurat bencana yang akan datang.

“Ini menjadi perangkat pendukung untuk Early Warning System milik BMKG. Kita membantu dalam mengolah dan menganalisis data,” katanya

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik (FT) UNM, Muhammad Yahya juga turut mengapresiasi capaian itu. Dia berharap, hal ini menjadi motor penggerak bagi mahasiswa agar terus berkarya.

“Semoga ini menjadi perintis motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk berkreasi dan inovatif,” harapnya. (*)

*Reporter: Muhammad Resky