Soesilo bawakan materi pada webinar LPM Profesi - Foto.Profesi
Soesilo bawakan materi pada webinar LPM Profesi - Foto.Profesi

PROFESI-UNM.COM – Soesilo, Analis Kebijakan Madya Sekretariat Direktorat Jenderal Kependidikan (GTK) Kemendikbud RI membawakan materi menarik yaitu “Merdekakah Kita: Meramu Kualitas dan Mutu Pendidikan Indonesia” dalam Webinar Nasional Spesial Hari Guru LPM Profesi UNM. Dalam pemaparan materinya Ia menyimpulkan beberapa aspek penting yang menjadi tantangan dalam program merdeka belajar, Sabtu (28/11).

Soesilo menjelaskan bahwa aspek merdeka belajar tidak bisa menjadi kepentingan komunitas saja, melainkan menjadi tanggung jawab semua yang mengambil andil dalam pendidikan, utamanya guru sebagai tenaga pendidik dan juga peserta didik. “Program merdeka belajar adalah ruang yang diberadakan dimana guru jadi penggerak dan diberikan kebebasan untuk bereksperimen, utamanya kebebasan dalam melakukan pembelajaran,” ucapnya.

Lebih lanjut, Soesilo menyimpulkan beberapa poin penting yang menjadi tantangan dan harus diperhatikan untuk mewujudkan mutu pendidikan yang berkualitas dan harus dipenuhi oleh tenaga pendidikan profesional dalam mensiasati era pendidikan 4.0. Poin-poin penting tersebut yaitu:

• Hak peserta didik untuk mendapatkan Pendidikan yang layak harus tetap dapat dipenuhi.
• Tenaga pendidikan profesional di era global harus siap melakukan lompatan untuk melakukan transformasi pembelajaran bagi semua peserta didik.
• Tenaga pendidikan profesional harus dapat belajar dengan cepat dan mampu menyesuaikan diri dengan kondisi yang berubah secara cepat, sehingga mampu menularkan semangat beradapatasi pada perubahan, secara cepat dan akurat.
• Berbagai moda dan luring yang disediakan oleh Kemendikbud atau yang tersedia secara gratis dan bebas dapat digunakan Tenaga pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran.
• Seluruh ekosistem sekolah harus siap memasuki era kebiasaan dengan melakukan terobosan dan transformasi

*Reporter: Khuznul Khotimah