Ketua PGRI Sulawesi Selatan, Hasnawi Aris saat membawakan materi 'Sulawesi Selatan sebagai Katalisator Pendidikan'
Ketua PGRI Sulawesi Selatan, Hasnawi Aris saat membawakan materi 'Sulawesi Selatan sebagai Katalisator Pendidikan'. (Foto - Annisa Asy Syam. A)

PROFESI-UNM.COM – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Sulawesi Selatan, Hasnawi Haris menjadi pemateri ketiga dalam Webinar Nasional Spesial Hari Guru yang digelar oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Ngeri Makassar (UNM), dengan membawakan materi ‘Sulawesi Selatan sebagai Katalisator Pendidikan’, Sabtu (28/11).

Dalam materinya, Ia menjelaskan bagaimana melakukan perubahan menuju generasi emas Indonesia ditahun 2045, seharusnya Guru menjadi fasilitator, motivator, katalisator dalam dunia pendidikan.

“Generasi emas Indonesia yang dinantikan ditahun 2045, nantinya akan menjadi modal berharga diumur Republik Indonesia yang ke 100 tahun, maka guru harus menjadi tombak perubahan,” jelas Hasnawi Haris Ketua PGRI Sulsel ini.

Eks Dekan FIS ini juga mengungkapkan, kualitas bangsa ditentukan oleh seorang Guru, “Guru adalah penentu sebuah bangsa walau tidak banyak guru yang hebat tapi semua orang yang hebat tercetus dari guru,” ungkap Ketua PGRI, Hasnawi.

Wakil Rektor Bidang Akademik (WR1) ini pun menuturkan sikap seorang pendidik menjadi katalisator dalam pendidikan.

“Sekarang yang harus dilakukan bagaimana cara pandangan, cara berfikir, dan cara berpindah. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa guru sudah bisa menjadi katalisator dalam pendidikan,” ucapnya. (*)

*Reporter: Muh Rizal / Editor: Annisa Asy Syam. A