Ketua PGRI Sulawesi Selatan Foto.Profesi
Ketua PGRI Sulawesi Selatan Foto.Profesi

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Webinar Nasional Spesial Hari Guru dengan tema “Lakon Pendidikan Digital dalam Perspektif Media di Era Kelimpahan”. Kegiatan ini digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (28/11).

Salah satu pemateri Webinar Nasional LPM Profesi, Ketua Persatuan Guru Nasional Indonesia (PGRI) Sulawesi Selatan, Hasnawi Haris mengatakan seorang Guru harus memposisikan dirinya sebagai fasilator untuk kebutuhan para peserta didik di dunia pendidikan.

“Guru benar-benar harus mengfusikan  dirinya sebagai fasilitator, yang mengfasilitasi seluruh kebutuhan peserta didik untuk kemudian pembelajaran itu tercapai,” ucapnya.

Lanjut, mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) ini juga menuturkan, tidak banyak Guru yang hebat. Akan tetapi, dipastikan orang yang hebat merupakan hasil didikan dari seorang Guru.

“Guru adalah penentu masa depan bangsa, tidak banyak guru yang hebat tapi dipastikan orang-orang hebat itu adalah hasil dari produk seorang guru,” ungkapnya.

Terakhir, alumni LPM Profesi UNM ini mengungkapan bahwa dalam sudut pandang apapun, peran guru tidak dapat digantikan.

“Sesungguhnya guru dalam dimensi apapun tidak tergantikan untuk memajukan dunia pendidikan,” ujarnya. (*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan