Yonsi Lolo memaparkan materi "Tiongkok dan Budaya Tionghoa" via Zoom, Minggu (22/11) - Foto: Arika-Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa Mandarin (Han Shi Ren) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNM gelar webinar nasional bertemakan “Pentingnya Bahasa Mandarin dalam Dunia Kerja” secara virtual, Minggu (22/11).

Webinar yang dilakukan melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings ini menghadirkan tiga pembicara, di antaranya Misnawaty Usman selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin UNM, Batari Oka Andini yang merupakan dosen Zheijang Yuexiu University China, dan Yonsi Lolo dosen Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNM.

Materi sesi pertama yang dibawakan oleh Yonsi Lolo mengangkat topik “Tiongkok dan Budaya Tionghoa”. Dalam materinya, Yonsi Lolo sebut suku Tionghoa yang memeluk agama Islam di antaranya Suku Hui dimana Suku Hui adalah salah satu suku dari lima suku terbesar di Republik Rakyat Tiongkok, suku ini memeluk agama Islam dan tersebar di hampir seluruh provinsi di Tiongkok, tetapi terkonsentrasi di Ningxia, Hainan, Gansu, Yunnan dan Qinghai. Ningxia sendiri adalah daerah otonomi bagi suku muslim Hui. Selain itu, ia juga menyebut Suku Uyghur dan suku lainnya.

“Bukan hanya Suku Hui saja, tapi juga suku Uyghur, Dongxiang yang memeluk Islam,” ujarnya.

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin ini juga menambahkan mengenai kampung Islam yang ada di China, tepatnya Provinsi Ningxia, yakni Wuzhong Muslim New Village, yang diresmikan tahun 2007. Penduduknya merupakan Suku Hui yang mayoritas Muslim.

“Disebut Kampung Islam disana karena penduduknya mayoritas Muslim Suku Hui,” tambahnya. (*)

*Reporter: Arika Dwi Angraeni Rusida/Editor: Fitria Indah Saraswati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0