Husain Syam Resmi membuka Virtual International Conference on Science and Advanced Technologi via Zoom, Sabtu (21/11) - Foto : Arika-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar virtual International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT) bertemakan ” Utilizing Research Finding to Create Sustainable Solution for Human Welfare” via Zoom Cloud Meetings, Sabtu (21/11).

Konferensi Internasional ini mengundang Martin Andrew dari Otago Polytechnic, New Zealand sebagai salah satu pembicara, selain Yusti Bin Kamin dari University of Technology Malaysia dan Hasnawi Haris dari Universitas Negeri Makassar.

Saat membuka virtual conference ini, Husain Syam selaku Rektor UNM menyampaikan bahwa kegiatan ini pengikat bagi para ilmuwan untuk saling sharing mengenai perkembangan keilmuan saat ini.


“Inilah bagian yang menjadi pengikat kepada para ilmuwan, para peneliti, para penggagas ilmu untuk kemudian saling sharing untuk kita mencoba berkomitmen atau saling bersepakat bahwa perkembangan keilmuan hari ini, itu pada posisi tertentu,” ujarnya.

Alumni IPB ini juga mengungkapkan tujuan dari penelitian itu sendiri, yaitu bagaimana mencoba menghadirkan solusi bagi kebutuhan masyarakat terkait kendala yang dihadapi dimana akan menghadirkan sosok ilmuwan untuk melakukan penelitian dan menjawab kebutuhan masyarakat bahkan kebutuhan dunia hingga keluar solusi dari masalah yang ada.

“Dan tujuan dari research sebetulnya itu adalah bagaimana kita mencoba menghadirkan solusi bagi kebutuhan masyarakat. Apa kendala, apa yang dihadapi masyarakat itulah kehadiran sosok ilmuwan untuk melakukan sebuah research, sebuah pengembangan keilmuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat, kebutuhan dunia, yang hingga kemudian keluar dari solusi problem yang ada”, ungkapnya. (*)

*Reporter :Arika Dwi Angraeni Rusida/Editor : Fitria Indah Saraswati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0