ilustrasi berbicara di depan umum - Foto.Int
ilustrasi berbicara di depan umum - Foto.Int

PROFESI.UNM-COM – Dewasa ini, tidak sedikit dari kalangan mahasiswa yang masih meremehkan seni berbicara. Seni berbicara ini dimiliki seseorang secara alami ataupun dengan menggunakan latihan khusus. Tak hanya itu, berbicara merupakan simbolisasi kepribadian seorang pembicara.

Keterampilan dalam berbicara sangat penting dalam kehidupan kita. Sebagai seni, keterampilan berbicara merupakan seni keterampilan yang elegan, ekspresif, dan kreatif.

Simak 6 kiat penting dalam seni berbicara berikut ini, agar kamu bisa meningkatkan kemampuanmu berbicara!

  1. Mahir dalam berbicara adalah potensi dari semua orang yang didapatkan dengan berlatih.

Bagi kamu yang ingin lugas dalam berbicara khususnya di depan publik, maka perbanyak latihan dan berani untuk berbicara. Tidak ada yang praktis, bila kamu ingin mahir berbicara maka perbanyak pengalaman mu.

  1. Jangan pernah memotong pembicaraan seseorang ketika mereka sedang bicara

Bila seseorang yang ingin kamu ajak berbicara sedang berbicara dengan orang lain, sebaiknya tunggu hingga pembicaraan mereka selesai. Jangan terbiasa menyela pembicaraan orang lain.

  1. Berbicaralah dengan tenang dan penuh kesan. Jangan menggunakan nada suara yang tinggi.

Jadilah lawan bicara yang meninggalkan kesan baik. Untuk itu, sampaikan opini mu dengan tenang, jangan menggunakan nada suara yang tinggi.

  1. Humor dibutuhkan ketika sedang menghadapi obrolan yang membosankan

Mulailah memasukkan sedikit humor dalam bicara mu, terkhusus jika kamu baru saja memulai pembicaraan dengan orang baru. Hal ini dapat mengangkat atmosfer canggung di antara kalian. Humor itu bisa dari kejadian lucu dalam hidup mu. Tapi gunakan nada bicara dan tunjukkan ekspresi mu ketika berbicara. Tidak usah khawatir jika tidak lucu, biasanya orang akan ikut tertawa ketika melihat orang lain tertawa. Bahkan banyak riset yang mengatakan bahwa orang yang memiliki selera humor lebih disukai oleh orang lain, lho!

  1. Hindari kata-kata yang sulit atau tidak dimengerti oleh lawan bicara.

Jangan membuat lawan bicaramu kebingungan akan kata yang kamu ucapkan. Sebaiknya gunakan kata yang umum sehingga pembicaraan kamu tidak terhambat, dan lancar karena lawan bicara kamu memahaminya.

  1. Jangan memandang topik pembicaraan sebagai bahan untuk berdebat siapa yang paling benar.

Seringkali orang-orang bahkan tidak sadar bahwa mereka telah bersaing untuk menjadi yang benar terhadap suatu topik pembicaraan. Ingatlah, tidak semua topik pembicaraan mencari siapa yang paling benar.

Itulah tadi 6 kiat penting dalam seni berbicara. Terapkan hal-hal tersebut agar kamu menjadi lebih baik sebagai lawan bicara seseorang dan tentunya meninggalkan kesan yang baik. (*)

*Reporter: Khuznul Khotimah

Share and Enjoy !

0Shares
0 0