Narasumber menyampaikan pendapatnya di Ballroom menara Pinisi Lt. 2

PROFESI-UNM.COM – Dalam rangka penyusunan kurikulum, Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar workshop bertemakan ‘Penguatan Keahlian Profesi Hukum dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi’ untuk menghimpun berbagai referensi dalam pembentukan desain kurikulum tersebut, Rabu (18/11).

Kegiatan tersebut dilaksnakan di Ballroom menara Pinisi Lt. 2. Menghadirkan narasumber yang akan memberikan masukan, yaitu Polisi Daerah (Polda), Kejaksaan, Pengadilan, Pemprov dan Pemkot, Dinas Kementerian Hukum dan HAM, LBH, PBHI.

Ketua Prodi Ilmu Hukum, Herman mengatakan, hanya sebagian dari berbagai masukan yang akan dipertimbangkan dalam kurikulum tersebut, yaitu menyangkut persoalan realitas kondisi sosial masyarakat.

“Kita kumpulkan semua masukan. Kemudian, disandingkan dengan draft awal kurikulum kita untuk mata kuliah hukum, agar nantinya kurikulum ini dapat kompatibel dengan kondisi sosial kemasyarakatan kita,” ujarnya.

Ia juga mempertimbangkan kurikulum yang akan membuat mahasiswa mampu Problem Solving di laju perkembangan zaman. Orientasi desain kurikulum itu menurutnya dilatarbelakangi oleh kekurangmampuan mahasiswa mengaplikasikan ilmunya di tengah masyarakat, karena tak sedikit dari mereka hanya pandai berteori saja.

“Mahasiswa kita sebagian besar teorinya bagus tapi tak mampu mengikuti perkembangan atau dinamika yang ada di masyarakat. Jago di masyarakat tapi ketika berhadapan dengan masyarakat itu menjadi hilang. Nah inilah yang mau kita desain sesungguhnya,”

Ia menambahkan, tim yang akan menyusun kurikulum tersebut terdiri dari Guru Besar Ilmu Hukum, Ketua Prodi, dan Dosen. Rencananya penyusunan itu akan digelar pada 19 November 2020, secara umum di Ballroom menara Pinisi Lt. 2. (*)

*Reporter: Muhammad Resky

Share and Enjoy !

0Shares
0 0