Seminar hasil PMP ke-23 LPM Penalaran UNM - Foto.Ist
Seminar hasil PMP ke-23 LPM Penalaran UNM - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – 13 kelompok peserta Pelatihan Metodologi Penelitian (PMP) ke-23 Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan seminar hasil dengan tema pandemi Covid-19. Kegiatan ini berlangsung di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM, Senin (15/11).

Ada beberapa tahap yang harus dilewati untuk sampai pada tahap ini. Mulai dari mengumpulkan data, menyusun hasil penelitian dengan waktu 15 hari lalu seminar hasil. Pada seminar yang mengangkat tema pandemi ini terdapat 2 skim, yaitu skim pendidikan dan sosial.

Sahrul Alam peserta yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi pada skim pendidikan dengan judul penelitian ‘Rancang Bangun Kursi Physical Distancing Berbasis Mikrokontroller Arduino Nano’, mengatakan rasa terimakasih atas kerjasama timnya.

“Ini terwujud dari kerjasama yang baik bersama teman-teman, baik selama kita menyusun proposal penelitian, kemudian menyusun hasil dari penelitian kami. Ini menjadi motivasi bagi saya dan teman-teman untuk berbuat lebih baik lagi ke depannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa akan terus berproses di LPM Penalaran kedepannya menurutnya lembaga yang bergerak di bidang penelitian ini merupakan tempat berproses yang tepat untuk mengembangkan kemampuannya.

“Saya ingin terus berproses terus di Penalaran, saya rasa di Penalaranlah wadahnya kita untuk belajar melatih diri kita lebih baik ke depannya, jadi saya ingin melanjutkan ke tahap-tahap selanjutnya,” ucap ketua tim peroleh nilai tertinggi ini.

Adapun judul penelitian peserta PMP yang telah melakukan seminar hasil, yaitu :
(1) Kesiapan SMP Negeri 3 Bungaya dalam menghadapi Asesmen Nasional 2021,
(2) Persepsi Kecemasan Masyarakat Sekitar Terhadap Penerapan Standarisasi Pemakaman Jenazah Covid-19 di Macanda Kabupaten Gowa,
(3) Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Fakultas Teknik UNM Terkait Bantuan Kuota Pemerintah,
(4) Analisis Tingkat Kepuasan Perkuliahan Mahasiswa FMIPA UNM terhadap Media Pembelajaran MIPA Learning di Masa Pandemi Covid-19,
(5) Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Era Pandemi Covid-19 di UNM,
(6) Peran Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh pada Anak Kelas Rendah di SDN Bontorannu 1, Kecamatan Mariso, Kota Makassar,
(7) Analisis Faktor-faktor Kecemasan Mahasiswa Berorganisasi pada Masa Pandemi di UNM,
(8) Burnout on E-Learning Selama Pandemi Covid-19,
(9) Analisis Efektivitas Penggunaan Dana Hibah Terhadap UMKM Milik Mahasiswa UNM,
(10) Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring di Fakultas Ekonomi (FE) UNM Selama Masa Pandemi Covid-19,
(11) Kepuasan Mahasiswa Tunanetra Terhadap Pelayanan Pembelajaran Daring di UNM,
(12) Resiliensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Makassar di Masa Pandemi, dan (13) Rancang Bangun Kursi Physical Distancing Berbasis Mikrokontroller Arduino Nano. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani

Share and Enjoy !

0Shares
0 0