Foto bersama mahasiswa KKN dengan para tamu undangan dalam pembukaan agenda. (Foto-ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler-Terpadu Universitas Negeri Makassar (UNM) Kabupaten Wajo, melaksanakan Program Kerja (Proker), penanam 1000 pohon di Kelurahan Salomenraleng dan Kelurahan Laelo, Minggu (15/11).

Agenda ini dimulai pukul 08.00 WITA dan dibuka langsung oleh Bupati Wajo, didampingi pak camat, pak lurah beserta jajarannya dan masyarakat setempat, serta sebanyak 67 Mahasiswa KKN hadir dalam agenda pembukaan dan penanaman.

Dalam pembukaanya, Bupati Wajo, Amran Mahmud menitipkan harapan agar penanaman 1000 pohon tersebut bukan sekedar proker semata, melainkan adanya pemantauan lanjutan.

Bibit pohon yang didapatkan juga merupakan hasil dukungan Balai Pembenihan Tanaman Hutan Wilayah II yang langsung diambil dari Kabupaten Maros 2 hari sebelum kegiatan berlangsung.

Misba selaku Koordinator Kabupaten mengungkapkan, dua kelurahan yang disasar merupakan hasil observasi mahasiswa yang menyatakan bahwa tempat itu memang sangat perlu penghijauan dan penanaman pohon.

“Alasannya, bisa dikatakan setiap tahun pasti terjadi banjir, khususnya di sekitaran sungai. Nah, dengan Proker ini kami berharap bisa membuat sebuah pencegahan meskipun hal itu masih dalam skala kecil,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) ini mengaku hanya terhambat pada jarak yang cukup mengeluarkan tenanga.

“Pada saat penanaman tadi, hanya jarak tempuh yang menjadi penghambat karena kami menyisir sekitar sungai, kurang lebih 3 Kilometer,” akuinya pada reporter LPM Profesi.

Mahasiswa angkatan 2017 ini juga berharap jiwa penghargaan terhadap alam sekitar dapat lahir kembali dari masyarakat.

“Semoga dengan adanya Proker ini bisa bermanfaat untuk masyarakat yang berada di sekitaran sungai dan juga bisa menumbuhkan kembali jiwa penghijaun dari dalam diri masyarakat setempat,” harapnya.

Terakhir, Ia menitipkan pesan agar Mahasiswa KKN Reguler dan Terpadu Wajo dapat menjaga tali silatuhrahmi dan dapat membawa perubahan.

“Untuk teman-teman KKN satu hal yg perlu ditanamkan kita pergi mencari kebaikan pulang untuk memperbaiki khususnya Kabupaten Wajo itu sendiri,” tutupnya. (*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A

Share and Enjoy !

0Shares
0 0