Poster ucapan selamat kepada mahasiswa yang lolos PIMNAS. (Foto-ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Program Kreativitas Mahasiswa bidang Gagasan Tertulis (PKM-GT) yang berjudul ‘Human Rights Notification sebagai Upaya Pemahaman Hak Asasi Manusia Berbasis Teknologi Informatika’.

Penggagas ide tersebut berasal dari tim yang terdiri dari mahasiswa Pendidikan Komputer dan Informatika (PTIK), Andi Nurwahida dan Elvira Nur, serta Hasna dari Teknik Komputer (Tekom).

Judul tersebut diangkat karena pentingnya Hak Asasi Manusia (HAM) di tengah kontras maraknya kasus pelanggaran HAM saat ini. Gagasan tersebut rencananya akan direalisasikan dalam bentuk sebuah aplikasi yang dilengkapi fitur ruang belajar (edukasi), fitur kolom pengaduan, dan berbagai fitur lainnya.

“Nanti aplikasi ini wajib tertanam diseluruh smartphone masyarakat indonesia. Mereka bisa mendapatkan notifikasi pemahaman yang baik tentang HAM, serta memberikan kemudahan masyarakat dalam melaporkan apabila ada kasus pelanggaran HAM,” ujar Nur Wahida, saat dihubungi via WhatsApp.

Mahasiswi angkatan 2019 ini berharap agar implementasinya mampu meminimalisir pelanggaran HAM dan agar masyarakat dapat menjunjung tinggi semangat pluralisme.

“Sebagaimana semboyan negara kita, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu,” harapnya.

Di sisi lain, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (WD III) FT UNM, Amiruddin meyakini bahwa mereka akan pulang menyandang gelar juara, dengan membawa paling sedikit 1 medali.

“Saya yakin bahwa kita bisa dapat medali minimal 1,” jelasnya. (*)

*Reporter: Muhammad Resky