BEM FE saat menggelar aksi dengan menyalakan lilin di depan Menara Pinisi UNM, Sabtu (14/11). Foto-Fadhil Profesi

PROFESI-UNM.COM – Tepat enam tahun lalu, Insden 13 November 2014 menjadi tragedi yang tidak akan pernah dilupakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM). Hal ini kemudian diperingati oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) di depan Menara Pinisi UNM, Sabtu (14/11).

Insiden Tiga Belas November (Insting) adalah sebuah rentetan aksi unjuk rasa mahasiswa UNM yang menolak kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kemudian diikuti dengan naiknya tarif transportasi serta harga bahan pokok lainnya.

Dalam perjalanannya, aksi unjuk rasa 13 November 2014 tersebut berakhir dengan kericuhan diduga akibat Wakapolrestabes Kota Makassar, AKBP Toto Lisdiarto terkena anak panah, hal itu kemudian membuat sejumlah Polisi bertindak tegas hingga akhirnya ada sekitar 46 orang mahasiswa yang ditangkap, serta penganiayaan 9 orang jurnalis, dalam aksi tersebut juga membuat sejumlah fasilitas kampus menjadi porak-poranda akibat kericuhan.

Awaluddin selaku Presiden BEM FE UNM mengatakan dalam aksi peringatan menolak lupa tragedi Insting ini merupakan salah satu bentuk dari edukasi pada masyarakat khususnya mahasiswa UNM untuk tidak lupa pada tindakan represif pihak kepolisian terhadap mahasiswa saat itu.

“Kita berharap pada aparat kepolisian nantinya dalam menjalankan tupoksi nya itu sesuai dengan amanat undang-undang, karena ketika polisi tidak menjalankan tugasnya sebagai pengayom, pelindung, dan pemenuh hak asasi manusia itu sama saja dengan premanisme,” ucapnya.

Sejalan dengan itu, Thoriq yang juga selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Akuntasi (HIMA AKSI) FE UNM mengatakan bahwa tragedi insting telah memperlihatkan pada masyarakat bahwa pihak kepolisian telah melakukan sebuah tindakan brutal yang jauh dari penghormatan serta perlindungan masyarakat.

“Peringatan Insting ini sebagai bentuk memperingati hari di mana Polisi tidak lagi mengayomi masyarakat tapi sebaliknya,” katanya. (*)

*Reporter: Fadhil Aqilah

Share and Enjoy !

0Shares
0 0