Mahasiswa FE saat melakukan orasi didepan Menara Phinisi UNM, Jalan A.P Pettarani , Jumat (13/11). (Foto-ist)

PROFESI-UNM.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar aksi peringatan momentum Insiden Tiga Belas November Gunungsari (Insting) 2014 di Depan Menara Phinisi UNM, Jalan A.P Pettarani , Jumat (13/11).

Diketahui, Insting 2014 merupakan tragedi penyerangan represif oknum kepolisian kepada mahasiswa UNM dan perusakan terhadap sejumlah fasilitas milik mahasiswa dan kampus pada aksi penolakan kebijakan negara untuk kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) 13 November 2014 lalu.

Insting ini diikuti oleh perwakilan masing-masing lembaga di FE UNM.

Ketua BEM FE, Awaluddin mengatakan, aksi tersebut dilakukan untuk memperingati peristiwa kelam yang dilakukan oleh aparat kepolisian kepada yang tidak manusiawi kepada mahasiswa.

“Aksi ini dilakukan untuk memperingati peristiwa kelam insiden tiga belas november yang sudah enam tahun yang dilakukan oleh aparat kepolisian,” katanya.

Ia juga mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh aparat kepolisian sangat jauh dari fungsinya yang mengemban tugas sebagai penegak hukum dalam mengayomi dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Saya memandang tindakan yang dilakukan oleh kepolisian sudah jauh dari kata perlindungan, penghormatan dan pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM),” ungkapnya.

Adapun varian aksi yang diadakan yakni pandangan politik, musikalisasi puisi, pembentangan spanduk, bagi selebaran, bakar lilin dan live music. (*)

*Reporter: Agatoni Buttang/Editor: Anita Nur Fadhilah Halid

Share and Enjoy !

0Shares
0 0