Sosialisasi PUSPAKONS MBKM PPB FIP UNM, Jumat (13/11).Foto-Nisa Profesi

PROFESI-UNM.COM – Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan sosialisasi tentang Program Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu Program Unggulan Penguatan Karakter Anak dan Keluarga melalui Layanan Bimbingan dan Konseling (PUSPAKONS) secara daring, Jumat (13/11).

PUSPAKONS merupakan program MBKM yang bekerjasama dengan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(DP3A) Provinsi Sulawesi Selatan yang bertujuan untuk meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa, mahasiswa terampil dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling di Masyarakat, Menanamkan nilai-nilai pada mahasiswa dan mempersiapkan mahasiswa di dunia kerja.

Sosialisasi tersebut secara resmi dibuka oleh Ketua Jurusan PPB FIP UNM, Muhammad Anas. Ia berharap agar mahasiswa yang memprogramkan PUSPAKONS MBKM terlebih dahulu memiliki wawasan yang luas untuk mengikuti program ini sebagai modal awal untuk menentukan keberhasilan.

“Untuk tahap awal anda punya wawasan lebih luas untuk mengikuti program ini, seperti teori bahwa salah satu faktor yang menentukan keberhasilan seseorang ialah kesiapannya,” harap Ketua Jurusan PPB FIP UNM.

Sejalan dengan itu, Sekretaris Jurusan PPB FIP UNM yaitu Suciani Latif menuturkan bahwa selama menjalankan program ini mahasiswa akan terjun langsung di masyarakat untuk menerapkan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan.

“Kita akan melakukan kegiatan-kegiatan sosial dimasyarakat, diharapkan mahasiswa yang mengikuti program ini bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan yakni bimbingan dan konseling,” tuturnya.

Matakuliah yang telah diprogramkan akan dikonversikan dengan lima program PUSPAKONS yaitu kelas parenting, bimbingan life skill, konselor penggerak, bimbingan anti bullying, dan sukses meraih masa depan.

Program ini akan dilaksanakan ditiga Kabupaten/Kota di Sulawesi selatan yaitu Kota Makassar, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Maros.

Adapun sasaran dari PUSPAKONS adalah mahasiswa aktif angkatan 2018 dengan syarat:

1. Memiliki IPK 3,0.

2. Minimal semester 6 saat memprogramkan PUSPAKONS.

3. Lulus minimal 90 SKS mata kuliah prodi asal. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani