Mahasiswa KKN UNM Gelar Praktik Penyelenggaraan Penanganan Jenazah di Barru

0
63
Mahasiswa KKN UNM sukses menggelar pelatihan pengelenggaraan praktik penanganan jenazah, Kamis (12/11). Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler dan Terpadu Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar praktik penyelenggaraan penanganan jenazah dengan tema ‘Kewajiban Seorang Muslim terhadap Jenazah Muslim Lainnya’. Pelatihan tersebut digelar di Kabupate Barru, Kecamatan Tanete Rilau, Kamis (12/11).

Pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya penanganan jenazah yang mulai luput dari perhatian masyarakat. Baik mengenai berapa jumlah lembar kain untuk wanita dan pria, cara menjahit, cara menshalati dan memandikan secara runtut.

Koordinator Kecamatan (Korcam), Adriansyah Anwar mengatakan bahwa pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai hukum dan tata cara jenazah dimakamkan sesuai syariat Islam.

“Pelatihan ini sendiri diprakarsai oleh teman-teman KKN yang merasa cukup khawatir tentang bagaimana kedepannya jika sudah tidak ada masyarakat yang paham tentang bagaimana jenazah itu harus dimakamkan secara islam,” ujarnya.

Lanjutnya, mahasiswa yang akrab disapa Jalu ini menjelaskan bahwa pelatihan ini sangat penting karena jika masyarakat kampung tidak mengetahui hal tersebut maka mereka tidak tahu tata cara penanganan jenazah.

“Saya rasa sangat penting, sebab apabila ini tidak di teruskan dan dalam satu kampung misalnya ada orang meninggal jangan sampai tidak ada yang tahu bagaimana penanganannya sebab tidak serta merta kita mengubur begitu saja. Ada hukum dan tata caranya,” jelasnya.

Senada dengan itu, Syafruddin selaku pemateri pada kegiatan tersebut juga menganjurkan kepada peserta bahwa kegiatan ini merupakan ilmu besar serta berharap agar masyarakat dapat menjaga baik baik ilmu yang diberikan ini.

“Apa yang dibawakan oleh ananda KKN ini merupakan ilmu dan pelajaran besar yang berguna bagi kita semua, semoga di jaga baik baik materi yang telah diberikan kalau perlu salinanya masukkan dalam lemari dan jaga baik-baik jangan sampai tercecer,” tutupnya. (*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini