PROFESI-UNM.COM – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pelatihan Pengalaman Lapangan (PPL) Domisili Universitas Negeri Makassar (UNM) Sinjai Selatan menggelar Webinar Nasional Kepemudaan dengan tema ‘Arah, Tujuan, dan Masa Depan Pemuda’, Senin (9/11).

Kegiatan ini merupakan Program Kerja dari mahasiswa KKN-PPL UNM Domisili Sinjai Selatan untuk memberikan motivasi kepada pemuda dan pemudi seluruh Indonesia di Kabupaten Sinjai agar tetap produktif di masa pandemi, dan sekaligus momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom ini diikuti oleh beberapa akademisi serta praktisi di bidang literasi seperti Pangga Kantoro (Kasi Infrastruktur dan Kemitraan Diaspora Sinjai), Ismail Suardi Wekke (Dosen Fatoni University Thailand) Zainal Abidin Ridwan (Penerima Apresiasi Menulis Praktik Baik Literasi Masyarakat dari Kemendikbud) dan Kartini ottong sebagai Keynote Speaker.

Saat dihubungi oleh reporter LPM Profesi, panitia dari kegiatan ini, Alim menjelaskan bahwa literasi berperan sebagai penentu keberhasilan sebuah negara dan merupakan ujung tombak sebuah kemajuan.

“Saat ini pemuda harus memahami bahwa kemampuan literasi adalah salah satu penunjang maju atau tertinggalnya negeri ini dan dapat menyelesaikan permasalahan,” jelasnya.

Lanjut, Ia mengatakan bahwa di zaman modern ini literasi berperan penting sebagai wadah untuk menyaring informasi khususnya di media sosial.

“Masalah yang hadir saat ini seiring dengan perkembangan teknologi adalah hoaks telah menjadi konsumsi wajib bagi pemuda hari ini. Coba saja kita tidak hanya berpatokan pada media sosial. Dengan literasi kita bisa mengatasi masalah ini,” katanya.

Lanjut, Ia menuturkan bahwa pemuda perlu mengetahui beberapa jenis literasi dasar, karena pemuda memiliki tanggung jawab dalam berliterasi.

“Dan menjadi tanggung jawab pemuda untuk mengetahui literasi itu, setidaknya ada 6 literasi dasar yang perlu kita ketahui, literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, literasi budaya,” tuturnya. (*)

*Reporter: Irsan Juliani/Editor: Fadhil Aqilah