Screenshoot Webinar Nasional via Zoom. Foto-Imam Profesi

PROFESI-UNM.COM – Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Webinar Nasional dengan tema ‘Perspektif Hukum, Politik dan Lingkungan terhadap Pro dan Kontra Jurassic Park Pulau Komodo’. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui platform Zoom Meeting, Sabtu (7/11).

Webinar yang dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM, Jumadi ini, dihadiri juga oleh Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Nusa Tenggara Timur (NTT), Umbu Wulang sebagai pemateri. Ia juga menunjukkan sikap kontra mengenai investasi Jurassic Park Pulau Komodo dengan mengangkat topik “Juragan Park atau Jurassic Park?”.

Umbu Wulang dalam pemaparannya, menjelaskan dampak dari Investasi Jurassic Park Pulau Komodo dalam perspektif lingkungan dan sosiokultural masyarakat yang akan terancam.

“Selain masalah lingkungan dan terancamnya satwa di kawasan tersebut, ada juga permasalahan budaya di masyarakat sekitar yang menganggap Komodo sebagai nenek moyang atau bagian dari mereka, itu perlu kita pertimbangkan,” katanya.

Kemudian, Ia juga mengungkapkan bahwa Komodo bukan hanya milik masyarakat yang di Pulau Rinca, tetapi milik dunia sebagai binatang purbakala yang sudah diakui Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Komodo itu binatang purba yang sudah menjadi milik dunia dan publik tahu Komodo itu bukan hanya milik masyarakat Pulau Rica, tetapi sudah menjadi binatang purba dan keajabian dunia yang sudah diakui oleh PBB,” ungkapnya. (*)

*Reporter: Teguh Prasetia/Editor: Muhammad Ilham Raihan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0