Pelatihan pembuatan baju APD kepada masyarakat Sudiang oleh dosen PKK - Foto.Ist
Pelatihan pembuatan baju APD kepada masyarakat Sudiang oleh dosen PKK - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Dosen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), A. Nur Maida dan Besse Qurani melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) mengajarkan ibu rumah tangga cara membuat baju Alat Pelindung Diri (APD) dan masker. Kegiatan ini berlangsung di Perumnas Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Sabtu (7/11)

Mengangkat judul PKM ” Menjahit Busana APD dan Masker untuk Mencegah Covid-19 pada Ibu-ibu Rumah Tangga di Kec. Bilingkanaya Kota Makassar.”

Salah satu anggota tim PKM, A. Nur Maida mengatakan langkah-langkah pembuatan APD yakni memperkenalkan peralatan dan bahan, menggunting, dan menjahit. Busana APD yang dihasilkan pada pelatihan tersebut disumbangkan kepada Puskesmas Sudiang.

“Kami mengajarkan IRT secara bertahap,” katanya.

Lanjut, PKM ini dilaksanakan dengan tujuan memahamkan IRT mengenai kegunaan dan proses pembuatan APD dan masker, sehingga mereka dapat membuat dan menjualnya sebagai tambahan penghasilan keluarga.

Hal ini dilakukan karena masalah saat pandemi. IRT di wilayah tersebut hanya bisa membuka warung kecil dan menjual makanan.

“Mereka harus mencari keterampilan baru, jadi kami mengajarkan menjahit yang sederhana, yaitu membuat APD dan masker,” jelasnya.

Ia berharap, setelah kegiatan tersebut IRT di Perumnas Sudiang dapat mengaplikasikan ilmunya.

“Semoga ilmu yang kami berikan bermanfaat dan bisa menambah penghasilan di masa pandemik ini,” harapnya. (*)

*Reporter : Ratu F. A.