Pamflet kegiatan Labstory, Jumat (6/11). Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Praktik Program Lapangan (KKN-PPL) Terpadu Kampus Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali akan menggelar Labstory yang menjadi salah satu Program Kerja selama KKN pada Minggu, 8 November 2020 pukul 09.00 Wita sampai selesai via Zoom dan Channel Youtube TP UNM.

Labstory kali ini akan membahas topik mengenai ‘Public Speaking dan Presentasi’ yang akan dibawakan oleh dua orang pemateri. Pemateri pertama yaitu Rita Gani yang merupakan Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Islam Bandung (UNISBA) juga merupakan seorang penulis buku secara khusus akan membawakan materi ‘Virtual Public Speaking dan Pemateri Kedua yaitu Yudha Prawira Hasta yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) Universitas Fajar (UNIFA) sekaligus Founder “Public Speaking Class” akan membawakan materi Bebas Bicara.

Nurpadhillah Junaid yang merupakan Ketua Panitia Labstory kali ini membeberkan bahwa topik Public Speaking dan Presentasi dipilih karena telah menjadi momok tersendiri baik untuk mahasiswa ataupun profesi sebab Public Speaking bukan lagi sebuah pilihan, tetapi merupakan kebutuhan.

“Karena Public Speaking secara daring maupun luring memiliki tantangan tersendiri, bukan hanya untuk mahasiswa, bahkan setiap profesi sekarang membutuhkan kemampuan public speaking”, ungkap Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan tersebut.

Lebih lanjut, Ia juga menuturkan bahwa sebagai seorang mahasiswa yang tentunya memiliki banyak gagasan perlu adanya kemampuan Public Speaking untuk mempresentasikan gagasan yang dimiliki dengan memperhatikan gestur, body languange, dan attitude agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami.

“Sebagai seorang mahasiswa yang memiliki idea perlu untuk melakukan Speak up berdasar pada Presentasi ilmiah tentunya perlu didemonstrasikan yah melalui Public Speaking tentunya. Tapi gak sekedar bicara tanpa ilmiah, gestur, body language, attitude untuk mendukung tersampaikannya pesan,” tuturnya. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani