Ilustrasi diskusi. Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Bagi kamu yang masih memiliki mindset bahwa sukses di dunia kampus itu hanya sebatas dengan menghadiri kelas, menyelesaikan tugas-tugas, dan mendapatkan IPK tinggi, kamu benar-benar harus mengubah mindset tersebut sejak sekarang!

Ingatlah, perkuliahan bagaikan dunia sementara kamu sebelum terjun ke lapangan kerja. Tujuan akhir dari perkuliahan adalah siap untuk bekerja dengan kemampuan dengan berbekal hasil yang telah kamu peroleh selama perkuliahan. Nah, salah satu hal yang penting kamu miliki yang dapat mempermudah kamu kelak untuk mendapatkan pekerjaan adalah networking. Keistimewaanya, networking ini sudah dapat kamu bangun di bangku kuliah, bahkan lebih penting lagi, dan lebih urgensi untuk kamu mulai membangun networking mulai sekarang!

Networking alias membangun jaringan adalah kegiatan bersosialisasi membangun hubungan dengan orang lain atau organisasi yang berpengaruh terhadap kesuksesan profesional maupun personal. Dari perspektif bisnis, networking sendiri diartikan sebagai kemampuan untuk memperluas koneksi, relasi, dan sinergi.

Faktanya, hampir semua orang sukses percaya bahwa networking adalah salah satu gerbang yang mendatangkan kemudahan dan hal-hal baik. Lantas bagaimana cara membangun networking selama perkuliahan untuk membantu masa depan kamu? Simak tips berikut!

  1. Jalin Komunikasi yang Baik Dengan Alumni
    Tidak hanya menjalin networking dengan Dosen dan senior saja. Kamu juga perlu membangun relasi dan hubungan yang baik dengan para alumni. Notabenenya, para alumni telah terjun langsung dalam dunia pekerjaan, maka jalinlah relasi selain untuk belajar dan berbagi pengalaman, kamu juga bisa bertanya kepada alumnimu mengenai kehidupan di lingkungan kerja yang sesungguhnya supaya kamu bisa menyiapkan diri nantinya. Kamu bahkan bisa mendapatkan rekomendasi pekerjaan dari alumni atau bahkan bisa direkomendasikan di kantornya.
  2. Ikut UKM
    Sambil menyalurkan minat dan bakat, ikut UKM juga bisa menambah dan membangun networking dengan para senior. Hal ini bisa membantumu di masa depan ketika kamu membutuhkan bantuan mereka.
  3. Ikuti Program Magang
    Kamu dapat mengikuti suatu program magang sembari mengerjakan skripsimu. Untuk itu, pilihlah magang yang berkaitan dengan data-data yang ada kaitannya dengan judul skripsimu. Selain tugas akhir selesai, kamu juga bisa mengenal lebih banyak profesional di bidangnya masing-masing dan mendapatkan pengalaman kerja langsung dari sumbernya. Pengalaman magang tentu dapat kamu cantumkan di CV yang bisa meningkatkan value dan personal branding-mu ketika lulus nanti.
  4. Ikut Proyek Dosen
    Nggak ada salahnya sesekali menerima atau menawarkan diri untuk membantu dosenmu dalam mengerjakan proyeknya. Nilai tambahnya, selain dosenmu jadi terbantu, kamu juga bisa membangun networking dengan para senior atau teman-teman dosenmu.
  5. Aktif di Kegiatan Non Akademik
    Kegiatan-kegiatan non akademik yang dapat kamu manfaatkan untuk membangun networking, yaitu kegiatan seminar, workshop, training, atau talkshow. Dengan mendatangi kegiatan tersebut, kamu bisa punya lebih banyak teman dari berbagai latar belakang yang tentunya bisa memperluas networking, wawasan, dan perspektifmu.

Bagaimana? Sudah siap membangun networking kamu? Tunggu apalagi? Mulai membangun networking kamu selama masa pandemi ini lebih cocoknya sih kamu mengikuti banyak kegiatan webinar!

Kamu bisa mengikuti Webinar Nasional Spesial Hari Guru yang diadakan oleh LPM Profesi UNM. Webinar Nasional ini bertema ‘Lakon Pendidikan Digital Dalam Perspektif Media di Era Kelimpahan’ dan mendatangkan pembicara yang andal di bidangnya! Salah satunya adalah Muhammad Nuh, Ketua Dewan Pers, lho!

Segera daftarkan dirimu melalui tautan berikut: https://bit.ly/WEBINARLPMPROFESIUNM

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi sosial media resmi LPM Profesi UNM. (*)

*Reporter: Khuznul Khotimah

Share and Enjoy !

0Shares
0 0