Wuhan China - Foto.Int
Wuhan China - Foto.Int

PROFESI–UNM.COM – Siapa sih yang tidak kenal Wuhan, kota yang diduga menjadi asal mula pandemi pada maret silam. Ibu kota Provinsi Hubei, Tiongkok, ini sendiri memang pernah dicap sebagai simbol pandemi Covid-19.

Faktanya, Wuhan mulai tidak lagi melaporkan adanya kasus penularan lokal sejak Mei 2020. Sejak penurunan kasus tersebut, Wuhan tentu segera berbenah kembali untuk bangkit membangun perekonomiannya, tidak terlepas karena Wuhan sendiri telah melakukan karantina ketat selama dua bulan dan menyebabkan kota ini menjadi kota mati untuk sementara waktu.

Seiring menurunnya kasus, maka masyarakat di kota berpenduduk 11 juta jiwa di China itu mulai beraktivitas normal tapi dengan protokol kesehatan yang juga diketatkan.


Lalu bagaimana kabarnya kota tersebut hingga hari ini?

Dilansir dari BBC.com. Faktanya, Wuhan sekarang ini adalah kota yang paling banyak dikunjungi di China selama periode libur nasional yang disebut Pekan Emas, dari 1 hingga 7 Oktober.

Menurut angka dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Hubei, Kota itu bahkan menerima hampir 19 juta pengunjung selama liburan.

Pemerintah China sendiri telah mengatakan bahwa di Wuhan sekarang tidak ada satu pun kasus virus corona, namun banyak ahli dan organisasi percaya bahwa pernyataan ini tidak bisa diterima begitu saja.

Kebangkitan Wuhan sebagai destinasi pilihan wisatawan China tidak semata-mata karena kebetulan, melainkan ini adalah hasil dari dorongan pemerintah pusat dan daerah.

Pada bulan Agustus, pemerintah Hubei mengumumkan bahwa sekitar 400 tempat wisata di provinsi tersebut akan dibuka untuk pengunjung dari seluruh negeri secara gratis mulai bulan itu hingga akhir tahun.

Dan meskipun jumlah pengunjung ke tempat-tempat ini dibatasi hanya 50% dari kapasitas maksimumnya dan para pengunjung harus menjalani pengecekan suhu. Destinasi yang sering dikunjungi adalah menara bangau kuning, tempat atraksi dan akuarium besar.

Kebangkitan Wuhan sebagai tujuan wisata ini dapat dilihat sebagai pertunjukan kepercayaan diri otoritas China dalam menangani pandemi.
Ini merupakan peluang emas untuk membangkitkan industri pariwisata mereka yang terpukul oleh pandemi.

Nah, itu dia, kabar terbaru dari Wuhan, kota asal muasal covid-19, dari sini kita dapat belajar bahkan yang sempat jadi kota mati pun dapat bangkit kembali dan justru menjadi kota yang paling diminati oleh turis. kamu sendiri apakah selanjutnya kamu akan memilih Wuhan sebagai destinasi liburan kamu? (*)

*Reporter: Khuznul Khotimah

Share and Enjoy !

0Shares
0 0