pelatihan jurnalis Himatep FIP UNM - Foto.Sumaya-Profesi
pelatihan jurnalis Himatep FIP UNM - Foto.Sumaya-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan (HIMATEP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar ‘Pelatihan Jurnalistik’ secara daring. Kamis, (29/10).

Kegiatan ini bertemakan ‘Mewujudkan General Kreatif, Kritis, dan Terampil dalam Menulis Berita’ yang dibawakan oleh Andi Dela Irmawati (Manajer Divisi Daring LPM Profesi UNM) dan Muhajir MA (Relawan Literasi Paradigma Institute).

Dalam materinya, Andi dela mengatakan teknik reportase adalah cara atau metode wartawan dalam mengumpulkan atau memburu bahan berita untuk ditulis atau dipublikasikan.

“Dalam jurnalistik kita mengenal empat teknik reportase salah satunya adalah observasi misalnya, teman-teman meliput aksi disini teman-teman akan datang langsung kelokasi mengamati jalannya demo, jumlah demonstran, tuntutan, orasi jendlap/korlap, atribut maupun varian aksi dan sebagainya,” katanya.

Lanjut, Dia menuturkan konteks jurnalistik reportase adalah proses pengumpulan data untuk menyusun berita reportase bisa dikatakan merupakan proses jurnalistik yang paling penting karenamelalui proses inilah terkumpul bahan penting bahan atau informasi untuk di beritakan.

“Berita yang baik harus memenuhi 5W+1H yang paling mendasar dalam berita, jadi dalam memang harus kita informasi yang mengumpulkan informasi terkait pertanyaan 5W+1H, jadi yang kita cari yang bisa menjawab kelima pertanyaan ini,” tuturnya.

Andi Haidar selaku Ketua Umum Himatep berharap agar pelatihan ini akan menambah ilmu tentang literasi terhadap kaidah jurnalistik

“Harapan saya dengan pelatihan pelatihan ini adalah bentuk kepedulian untuk melahirkan generasi muda yang lebih berkualitas, dan kritis dalam penulisan berita,” harapnya. (*)

*Reporter : Sumaya Nursyahidah/Editor: Fitria Indah Saraswati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0